Jakarta (ANTARA) - Meskipun Meghan Markle sudah kembali ke Kanada, Pangeran Harry tetap tinggal di Inggris di mana dia dikabarkan sedang berdiskusi serius dengan neneknya, Ratu Elizabeth II, ayahnya, Pangeran Charles, dan kakaknya, Pangeran William tentang masa depan dia dan Meghan.

The Washington Post melaporkan bahwa Robert Lacey, biografer kerajaan dan penulis “The Crown: The Inside History" mengatakan mereka mungkin berdiskusi tentang logistik dan mencari cara agar transisi berjalan lancar.

Jika laporan itu benar, ratu ingin mencari solusi "dalam beberapa hari", kata Lacey, "ini menunjukkan kesadaran, menerima kenyataan, dan ini harus berjalan dengan baik dengan cara positif."

Baca juga: Meghan Markle kembali ke Kanada meski Pangeran Harry masih di Inggris

Lacey mengatakan Kanada adalah tempat ideal untuk Harry dan Meghan yang ingin menghabiskan waktu di Amerika Utara dan Inggris. Dia berspekulasi Harry dan Meghan mungkin akan mencoba meluncurkan sesuatu seperti Obama Foundation.

Menurutnya,  Pangeran Charles telah memberi sinyal ia ingin mengecilkan monarki saat dia naik takhta.

"Sebagian keluarga kerajaan Eropa hanya terdiri dari empat orang," kata dia, menambahkan angka itu takkan terjadi di Inggris di mana ada orang yang berhasrat jadi bagian kerajaan.

Tetapi Charles tetap ingin mengurangi jumlah anggota kerajaan yang aktif, katanya, dan bagian dari rencana itu termasuk memperbesar peran William, yang akan fokus pada hal-hal di dalam negeri, dan Harry, yang akan berkonsentrasi pada anggota Persemakmuran Inggris.

"Tapi setengah Harry lebih baik ketimbang tak ada Harry, dan jika Meghan bisa terus mendukungnya, akan lebih baik," kata Lacey.

Baca juga: Mendadak, Pangeran Harry - Meghan Markle mundur dari kerajaan Inggris

Sebelumnya, Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle mengumumkan akan mundur dari tugas-tugas kerajaan. Ada spekulasi mereka buru-buru mengeluarkan pernyataan setelah tabloid Inggris, The Sun, menulis berita yang mengklaim keduanya berencana pindah ke Kanada.

Harry dan Meghan menulis pernyataan di situs mereka, SussexRoyal.com, mengenai apa yang akan mereka lakukan di masa depan. Keduanya ingin terus bekerja dengan badan amal, yang fokus pada isu seperti pemberdayaan perempuan dan kesehatan mental, juga akan mendirikan entitas yayasan baru.

Harry dan Meghan juga ingin mandiri secara independen dan selagi di Inggris mereka berencana tetap tinggal di Frogmore Cottage, Windsor.

Baca juga: Dampak jika Pangeran Harry - Meghan Markle pindah ke Kanada

Baca juga: Langkah baru Harry dan Meghan bisa memakan biaya besar dari Kanada

Baca juga: Kerajaan Inggris terluka, kecewa dengan pengumuman Harry-Meghan

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020