Jakarta (ANTARA) - Warga Kanada bisa saja terbebani dengan kewajiban membayar pajak sampai jutaan dolar jika Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke negara berjuluk "Great White North" itu.

Seperti diketahui, Duke dan Duchess of Sussex memutuskan untuk menyingkir dari tugas-tugas kerajaan dan tinggal di luar negeri untuk sementara waktu, kabarnya mereka akan tinggal di Kanada.

Markle sempat tinggal di Toronto selama syuting serial "Suits" beberapa waktu lalu.

Baca juga: Langkah baru Harry dan Meghan bisa memakan biaya besar dari Kanada

Baca juga: Fakta-fakta tentang Pangeran Harry dan Meghan Markle


Jika demikian, maka pemerintah Kanada wajib menanggung biaya keamanan keluarga tersebut karena statusnya yang merupakan anggota keluarga kerajaan, menurut pakar keamanan Mike Zimet, kepada Reuters.

Kanada adalah bagian dari negara persemakmuran Inggris. Tingkat keamanan akan ditentukan oleh penilaian ancaman, kata pakar lainnya.

Sejumlah kekhawatiran jika mereka tak dilindungi sistem keamanan di antaranya adalah potensi diculiknya bayi Archie yang baru berusia delapan bulan.

"Situasi besar, terutama ketika menyangkut teroris," kata Zimet.

"Menculik seorang anak, menahan mereka untuk tebusan, apa yang akan dilakukan orang tua?" Katanya.

Pasangan yang menghabiskan enam minggu terakhir berlibur di Vancouver dengan Archie, mengatakan mereka ingin bekerja untuk bisa mandiri secara finansial, tetapi mereka belum menyinggung apakah itu termasuk membayar biaya keamanan mereka.

Baca juga: Opini terpecah, Pangeran Harry - Meghan Markle juga raih simpati

Baca juga: Serba-serbi tentang mundurnya Pangeran Harry - Meghan dari kerajaan

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020