Saat ini air berangsur surut dan sebelum SPBU beroperasi, Pertamina melakukan upaya pembersihan
Jakarta (ANTARA) - Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan sebanyak 12 SPBU Pertamina belum bisa beroperasi akibat banjir.

Tiga SPBU di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jakarta Barat dan SPBU di Jalan Gunung Sahari IX, Jakarta Pusat telah beroperasi. Sehingga masih ada 12 SPBU di wilayah Jabodetabek yang tidak beroperasi, dimana 8 diantaranya tengah dalam proses pembersihan dan diharapkan dapat beroperasi dalam waktu dekat, kata Dewi Sri Utami di Jakarta, Jumat.

Untuk tahap pembersihan dan persiapan operasi, Dewi menambahkan Tim Health Safety Security Environment (HSSE) Pertamina diterjunkan untuk memastikan kesiapan keamanan operasional SPBU, bersama dengan beberapa institusi terkait.

"Kami telah menyiapkan upaya mitigasi pengamanan SPBU saat air mulai tinggi. Saat ini air berangsur surut dan sebelum SPBU beroperasi, Pertamina melakukan upaya pembersihan. Selain itu, juga memastikan aliran listrik sudah terpasang dan bisa mengalirkan arus listrik dengan baik dan aman,” ujar Dewi.

Baca juga: Warga Jakarta, ada tujuh SPBU yang tidak beroperasi dampak banjir

Dia menjelaskan langkah mitigasi Pertamina sudah dilakukan sejak air mulai menggenangi jalan akses ke SPBU. SPBU Pertamina pada umumnya dibangun di dataran yang lebih tinggi dari jalan raya, sehingga petugas dapat melakukan upaya mitigasi sebelum air masuk ke SPBU.

Upaya mitigasi ini diantaranya pemompaan air dan menyiapkan penutup tambahan yang akan ditempatkan di atas tangki-tangki pendam sebagai tempat penyimpanan BBM.

Pertamina juga menyiapkan "snake absorbent", yakni alat khusus yang digunakan untuk melokalisasi minyak di air, sehingga akan mencegah minyak untuk menyebar.

Baca juga: YLKI apresiasi kesigapan Pertamina layani masyarakat saat banjir

Sebelum beroperasi kembali, Dewi menambahkan Pertamina fokus dalam menjaga kualitas produk BBM. Selain itu, memastikan ulang keselamatan instalasi kelistrikan di SPBU dan sekitarnya, serta fasilitas lainnya yakni dispenser, pompa submersible, dan membersihkan area jalan (drive way).

“Kami bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan seluruh SPBU Pertamina dan tidak ada BBM yang keluar dari tempat penyimpanannya (tangki pendam). Kami juga bersiaga untuk menghadapi curah hujan yang diperkirakan masih tinggi pada beberapa hari ke depan,” tambah Dewi.

Berikut daftar SPBU yang masih belum beroperasi hingga Jumat siang (3/1):
1. SPBU 3111702 di Jalan Daan Mogot KM.10, Jakarta Barat (tahap pembersihan)
2. SPBU 3411705 di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat
3. SPBU 3411704 di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat
4. SPBU 3411404 di Jalan Prof. Dr. Latumenten Jelambar, Jakarta Barat (tahap pembersihan)
5. SPBU 3411611 di Jalan Kembangan Raya, Jakarta Barat (tahap pembersihan)
6. SPBU 3111602 di Jalan Outer Ringroad, Jakarta Barat (tahap pengecekan)
7. SPBU 3411502 di Kompleks Green Garden, Jakarta Barat
8. SPBU 3110702 di Jalan Samanhudi Pasar Baru, Jakarta Pusat (tahap pembersihan)
9. SPBU 3417528 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM19, Kabupaten Bekasi (tahap pembersihan)
10. SPBU 3117503 di Jalan Lemah Abang Blok 10, Jababeka, Kabupaten Bekasi (tahap pembersihan)
11. SPBU 3415116 di Mulia Ciledug, Kota Tangerang (tahap pembersihan)
12. SPBU 3414404 di Jalan Raya Kapuk Kamal, Jakarta Utara

Baca juga: Tahun 2020, Pertamina terapkan pembayaran nontunai di seluruh SPBU

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020