Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu lembaga sosial di Indonesia akan mengirim 100 guru untuk Uighur pada 2020 dan juga berkomitmen akan menyalurkan bantuan paket pangan dan beasiswa.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Makassar, Rabu, Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin dalam silaturahim kemanusiaan bersama dua tokoh Uighur menyampaikan ACT mengikhtiarkan bantuan terbaru untuk 1.000 yatim Uighur pada 2020 mendatang.

“Salah satu cara menyelamatkan generasi Uighur adalah melalui pendidikan. ACT akan mendukung 100 guru. Insyaallah ACT juga akan memberikan pangan,” kata Ahyudin.

Dukungan untuk Uighur yang akan ditambah pada 2020 merupakan wujud nyata buah silaturahim kemanusiaan antara ACT dengan Majelis Nasional Uighur.

Baca juga: ACT Lanjutkan Bantuan untuk Uighur Pada 2020
Baca juga: ACT gelar silaturahim kemanusiaan bersama diaspora Uighur


Bantuan akan diikhtiarkan dalam bentuk bantuan hidup dan rumah yatim untuk anak-anak Yatim Uighur di Turki serta bantuan hidup untuk guru-guru Uighur.

Ahyudin menerangkan, diplomasi kemanusiaan menjadi ikhtiar yang dapat dilakukan ACT sebagai lembaga kemanusiaan.

“ACT sebagai lembaga kemanusiaan, memberikan dukungan berupa bantuan kemanusiaan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa menjadi penyemangat hidup untuk saudara-saudara kami Uighur, serta membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang menjunjung tinggi kemanusiaan,” kata Ahyudin.

Sejauh ini, ACT telah memberikan dukungan kepada diaspora dan yatim Uighur. Mulai dari kurban, beasiswa, biaya bantuan hidup, beaguru, dan pangan. Pada 2019, ada 30 aksi penyaluran bantuan untuk Uighur oleh ACT.

Baca juga: ACT tentang pengungsi Uighur: Indonesia anti penjajahan
Baca juga: ACT salurkan bantuan bagi pengungsi Uighur di Turki


Ketua Majelis Nasional Uighur, Seyit Tumturk menyambut baik inisiasi bantuan ini. Tumturk menyatakan sangat takjub atas aksi jutaan warga Indonesia yang membela warga Uighur di depan Kedutaan Besar Cina di Jakarta tahun lalu.

Lebih lanjut ia berharap, bangsa Indonesia membersamai perjuangan Uighur, bahkan generasi penerus Uighur. “Untuk anak-anak (Uighur) tentunya banyak tekanan, sehingga mereka hidup tidak dalam keadaan yang sangat baik,” ucap Tumturk.

Menurut Tumturk, 35 juta diaspora Uighur terdapat di daerah Kazakhistan, Uzbekhistan, dan sekitarnya. “Namun mereka banyak mengalami permasalahan, yakni dibatasinya hak-hak mereka,” ujar Tumturk.

Baca juga: ACT resmikan masjid persahabatan Indonesia-Turkistan Timur (Uighur)
Baca juga: ACT upayakan beri bantuan langsung ke Xinjiang
Bantuan operasional pengungsi madrasah Uighur ACT. ANTARA Foto/HO-Humas ACT

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019