Jakarta (ANTARA) - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (tol melayang) dibuka untuk pengguna jalan pada Minggu (15/12) pagi ini, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kamis (12/12).

"Ya pagi ini, tidak persis jam 06.00 WIB, seperti disampaikan sebelumnya," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, menjawab pers sebelum seremoni pembukaan jakan tol layang terpanjang di Indonesia itu, di Simpang Susun Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Minggu pagi.

Baca juga: Foto tol Japek bergelombang disebut "fake", benarkah?

Baca juga: Tol layang Jakarta-Cikampek bisa percepat waktu tempuh kendaraan Gol I

Ia menyatakan, jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif. Jalan tol layang ini membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu,” ujar Heru.

Ia juga mengingatkan kembali akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini.

“Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (tol melayang) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah,” kata dia.

Baca juga: Tol Japek II diharapkan urai kemacetan jelang Natal-Tahun Baru

Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dari arah Jatiasih, Heru menjelaskan bahwa pengguna jalan dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR, sementara untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.

“Sedangkan untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8,” kata dia.

Baca juga: Upaya pemerintah mengurai kemacetan dengan tol layang

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019