Sanggoe bisa bermain dengan cukup tenang dan tidak terburu-buru meskipun lawannya memang berat
Jakarta (ANTARA) - Penampilan matang Sanggoe Darma Tanjung mengantarkan dia memenuhi target rakyat Indonesia untuk meraih medali emas skateboard perdana bagi tim Merah Putih di SEA Games 2019 Filipina dari nomor street putra.

Berlaga di hari keempat perlombaan cabang skateboard di Tagaytay City Extreme Sports Complex, Sabtu, Sanggoe memperoleh nilai tertinggi yakni 21.2 poin, mengungguli atlet Filipina yang meraih 20.6 poin serta Thailand dengan 19.1 poin, demikian catatan laman resmi SEA Games 2019.

Atas hasil tersebut, Sanggoe berhasil memperbaiki catatan sebelumnya di Asian Games 2018 yang kala itu ia hanya mampu menyumbangkan medali perak.

Baca juga: Sanggoe sumbang medali perak nomor street putra skateboard

"Sebenarnya hari ini luar biasanya Sanggoe bisa bermain dengan cukup tenang dan tidak terburu-buru meskipun lawannya memang berat. Untungnya Sanggoe dari awal sudah punya nilai yang baik meski ketika ada penambahan nilai ada gagal dua kali dalam triknya tapi dia tetap bisa di atas posisinya," ungkap Pelatih Timnas Skateboard, Jo Jaya Charles Kusuma atau yang akrab disapa Charlie saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu malam.

"Sanggoe juga sangat senang sekali, dia merasa dia berhasil karena sebenarnya di Asian Games kemarin, Sanggoe harus dapat emas, tetapi karena dia gak sabar, sekarang dia sudah bisa mengontrol emosinya," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Timnas skateboard Indonesia targetkan dua emas SEA Games

Pada pertandingan di hari yang sama untuk nomor street putri, atlet Indonesia lainnya yakni Susanto Kyandra harus puas dengan medali perunggu. Ia gagal mengungguli atlet Filipina yakni Didal Margielyn dan Means Christiana Nicole yang masing-masing membawa medali emas dan perak.

Sebelumnya, pada hari ketiga pertandingan, Basral Hutomo dan Nyimas Bunga Cinta berhasil menyumbangkan masing-masing medali perak dan perunggu pada nomor Game of Skate putra dan putri.

Pada pertandingan hari terakhir yang dilaksanakan Minggu (8/12), tim Indonesia akan tampil pada dua nomor lain yakni Park dan Downhill. Mereka yang akan turun pada nomor tersebut antara lain Jason Dennis (park putra), Pevi Permana (park putra), Andry Satria (downhill putra), Nyimas Bunga (park putri), Neepa Arumdapta (park putri), dan Jessica RF Putri Sibarani (downhill putri).

"Harapannya semoga semua atlet bisa kebagian medali," ucap Charlie.

Baca juga: Skateboard Indonesia waspadai kekuatan Filipina yang turunkan atlet AS

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019