Kami mengundang ibu-ibu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para milenial untuk mengikuti kegiatan tersebut
Semarang (ANTARA) - Peringatan Hari Ibu tingkat nasional pada 2019 akan dipusatkan di Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Kawasan Kota Lama Semarang, dengan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri.

"Kota Semarang kembali akan menjadi tuan rumah pelaksanaan puncak peringatan Hari Ibu ke-91 tingkat nasional yang rencananya berlangsung 22 Desember 2019," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan mendatang akan mengelaborasikan peringatan Hari Ibu tingkat Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah dan nasional melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Peringatan Hari Ibu dimeriahkan dengan beberapa rangkaian kegiatan, seperti Ngobrol Penuh Inspirasi tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta peran keluarga dalam pendidikan anak.

"Kami mengundang ibu-ibu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para milenial untuk mengikuti kegiatan tersebut pada Desember mendatang di Semarang," ujarnya.

Sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Ibu,Pemprov Jateng juga menggelar kampanye 16 hari antikekerasan terhadap perempuaan pada "car free day" di seputar Jalan Pahlawan Semarang pada 8 Desember 2019.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya mengajak masyarakat untuk mendorong upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia.

"Termasuk, mengampanyekan 'Three Ends' yakni akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan," katanya.

Baca juga: Ibu Negara bersilaturahim dengan warga Seroja Bekasi
Baca juga: Presiden, menteri-menteri perempuan berpuisi pada Hari Ibu
Baca juga: Polwan berbagi kasih sayang di panti lansia

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019