Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Lewis Hamilton akhirnya mencatatkan waktu terbaik dan menempati pole terdepan pada balapan seri final di Abu Dhabi, setelah sebelumnya sempat mengalami kesulitan menemukan ritme balap pada sesi latihan hari Jumat.

Pebalap Mercedes ini sempat mengalami kesulitan dalam menjinakkan tikungan di Sirkuit Yas Marina dalam dua sesi latihan sebelumnya, namun justru mengalami peningkatan signifikan dalam sesi kualifikasi dengan mencatatkan waktu 1:34.779.

Pole terdepan dalam balap yang akan berlangsung hari Minggu menjadi yang ke-88 dalam catatan karir Hamilton, membuatnya 20 poin lebih banyak dari Michael Schumacher dalam daftar sepanjang masa.

Baca juga: Hamilton tunggu keputusan bos Mercedes soal kontrak musim 2021

Posisi ini juga menjadi start ke-10nya di Yas Marina, mengikat rekor untuk baris paling depan di setiap venue, dilansir laman resmi formula1.com, Sabtu.

Sementara rekan satu timnya yaitu Valtteri Bottas mengikuti di urutan kedua dengan catatan waktu 1:34.973.

Bottas selanjutnya akan diikuti pemenang GP Brazil Max Verstappen dari tim Red Bull Racing yang mencatatkan waktu kualifikasi 1:35.139.

Di urutan start keempat dan kelima diduduki dua pebalap Ferrari, yang tidak pernah menikmati start barisan terrdepan di Abu Dhabi, yaitu Charles Leclerc dan Sebastian Vettel.

Leclerc mencatatkan waktu 1:35.219, sedangkan Vettel dengan 1:35.339.

Di urutan keenam diisi Lando Norris dari tim Mclaren, diikuti rekan setimnya Carlos Sainz di urutan ketujuh. Posisi kedelapan ditempati Daniel Ricciardo dan Sainz di urutan kesembilan, ketiganya hanya terpaut 0,023s. Nico Hulkenberg, yang kemungkinan akan balapan pada Grand Prix F1 terakhirnya, menutup musim ini dengan menjadi yang ke-10.

Baca juga: Gelar juara dunia ke-6 tak buat Hamilton jemawa

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019