Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, mengemukakan personel yang dilibatkan untuk mengantisipasi peringatan HUT OPM pada 1 Desember 2019, kurang lebih ada 700 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintahan y
Sentani, Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 700 personel gabungan TNI-Polri siap mengamankan Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dan sekitarnya mengantisipasi peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, mengemukakan personel yang dilibatkan untuk mengantisipasi peringatan HUT OPM pada 1 Desember 2019, kurang lebih ada 700 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintahan yang sudah tersebar di beberapa distrik yang ada di Kabupaten Jayapura.
Baca juga: 600 personel TNI-Polri amankan Timika saat HUT OPM

Victor menjelaskan, untuk di Lereh sudah ada satu peleton, Depapre ada satu peleton, Demta sudah ada dua regu Brimob. Pasukan yang disiagakan terbesar yang ada di distrik terjauh tetapi ada wilayah distrik yang musti melalui perairan.

"Kita berharap kepada rekan-rekan yang ada di luar distrik berada di kota bisa melaksanakan tugas dengan baik. Kami berharap tidak ada gangguan keamanan," ujarnya pula.

Kepolisian resor menggelar apel gabungan dalam rangka menyiagakan pasukan untuk mengamankan Kota Sentani dan sekitarnya. Apel gabungan digelar dalam rangka mengantisipasi kalender kamtibmas Polda Papua menjelang tanggal 1 Desember 2019.
Baca juga: Ke Papua jelang HUT OPM, Mahfud: Kunjungan biasa

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, di halaman parkir Lapangan Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu.

Apel gabungan itu dihadiri para pejabat utama serta anggota Polres Jayapura dan Danramil Sentani serta diikuti pasukan Batalion 751 Raider Sentani, pasukan Lanud Silas Papare, pasukan Brimob Polda Sumbar dan anggota Sat Polisi Penegak Perda (PP) untuk mengamankan kalender kamtibmas menjelang 1 Desember 2019.

"Sore ini kami melaksanakan apel kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi 1 Desember 2019. Kita berharap dengan kesiapan dari TNI Polri dan juga pemerintah daerah yang diwakili Satuan Polisi Pamong Praja bisa menciptakan situasi yang kondusif, karena ini menjadi kerinduan warga.
Baca juga: Polri imbau 1 Desember warga Papua tetap fokus ibadah Minggu

Ia juga berharap warga tidak terpancing atau terprovokasi oleh kegiatan-kegiatan yang sudah dilarang.

"Kehadiran kami TNI-Polri dan pemerintahan, tentunya adalah untuk menciptakan suasana aman dan damai, juga perayaan Natal bisa penuh dilaksanakan dengan suka cita aman dan damai," kata dia lagi.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019