Jakarta (ANTARA) - Seniman Indonesia Laila Azra ikut meramaikan Amsterdam Light Festival, Belanda, yang berlangsung pada 28 November 2019 hingga 19 Januari 2020 lewat instalasi berjudul "Feel Like the Kardashians".

Karya seni cahaya dari seniman yang kini menetap di Singapura itu menyoroti ketenaran dan media, sebuah hasil renungan tentang lingkaran antara media, pesohor dan penonton.

Laila mengatakan ide di balik "Feel Like the Kardashians" langsung muncul begitu dia mengetahui festival tahunan di Amsterdam itu mengusung tema "Disruptions".

"Saya langsung membayangkan kilatan lampu kamera paparazzi yang mengikuti gerak-gerik para pesohor yang jadi target mereka," ujar Laila dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA, Kamis.

Menurut Laila, apa yang terjadi antara paparazzi dan pesohor tak cuma mengganggu kehidupan figur publik, tapi berpengaruh juga pada penonton yang tak terlibat dalam hubungan itu.

"Hingar bingar dunia hiburan seringkali mengalihkan perhatian kita dari apa yang nyata dalam hidup," ujar Laila.
 
Instalasi seni "Feel Like the Kardashians" karya seniman Laila Azra di Amsterdam Light Festival. (HO)


Ide tersebut ia tuangkan dalam dua bagian karya instalasi kayu, masing-masing sepanjang 12 meter, menggambarkan sosok manusia dan lampu kamera yang berpendar. Tiap bagian karya Laila ditempatkan berseberangan di sisi Amstel Stock.

"Feel Like the Kardashians" jadi salah satu dari 25 karya seni lampu di festival tersebut. Karya seni cahaya yang dipamerkan akan dinyalakan setiap sore hingga malam.

Amsterdam Light Festival dimulai dari tradisi menghias ruang publik di kota dengan lampu-lampu agar musim liburan terasa meriah.

Pada 2013, festival ini resmi dimulai, menandai pergeseran fokus pagelaran dari hiburan menjadi seni. Tiap tahun, Amsterdam Light Festival memiliki tema berbeda dan menampilkan karya instalasi dari sejumlah seniman global.

Baca juga: Seniman Amerika promosikan konservasi terumbu karang lewat instalasi

Baca juga: Summarecon Bekasi hadirkan Fantasi Park, seni instalasi cahaya

Baca juga: Instalasi seni ramah lingkungan semarakkan terowongan Dukuh Atas

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019