90 anggota kami ini menyebar di seluruh titik-titik rawan banjir
Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerjun 90 anggota untuk memantau kondisi air di beberapa lokasi banjir akibat hujan deras yang melanda kota itu, Senin siang.

"90 anggota kami ini menyebar di seluruh titik-titik rawan banjir, dari hasil pantauan, air tergenang hampir merata di seluruh wilayah Pangkalpinang yang berada di daratan rendah," kata Kepala BPBD Kota Pangkalpinang, Izwarhadi di Pangkalpinang, Senin.

Adapun beberapa daerah yang tergenang air akibat hujan deras tersebut, seperti Kampung Rejosari, Pasar Pagi, Gedung Nasional, Jalan Balai, Gabek, SPBU Jalan Koba, Kampung Bintang dan lainnya.

Baca juga: Pemkot - DPRD Pangkalpinang diminta bersinergi tuntaskan banjir

"Genangan air mulai dari 20 sentimeter sampai setinggi pinggang, kejadian seperti ini mirip dengan yang terjadi pada 5 Mei 2019, ketika terjadi hujan lebat sehari langsung banjir," katanya.

Untuk kemungkinan banjir dengan arus besar yang bersifat menghancurkan, menurut dia kalau dilihat dari karakteristik yang terjadi saat ini masih jauh untuk potensi tersebut.

"Namun kami juga sulit memprediksi apakah akan jadi banjir besar atau tidak, tergantung intensitas hujan dan kiriman air dari Bukit Mangkol yang saat ini kondisinya memprihatinkan," katanya.

Baca juga: Gubernur: Bandara Depati Amir Pangkalpinang terancam banjir

Ia mengatakan, anggota BPBD akan terus memantau dan melakukan patroli ke titik-titik rawan banjir yang ada di Pangkalpinang.

"Air genangan ini diperkirakan akan surut setelah pasang air laut turun, karena tadi siang air laut sedang pasang besar di angka 21. Kemungkinan sore ini air genangan juga akan berangsur turun," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019