Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Yuliana menilai Kapolri terpilih Komjen Pol Idham Aziz harus menggalakkan kegiatan Polisi yang jemput bola ke masyarakat (community policing) dan membina masyarakat.

"Ada beberapa hal yang menjadi catatan untuk ditingkatkan, yaitu Polisi yang lebih melakukan pembinaan Kamtibmas sesuai poin 2, dengan menggalakkan kembali kegiatan 'community policing' atau Polisi yang jemput bola ke masyarakat dan membina masyarakat," kata Eva dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan yang bisa dilakukan Polisi seperti bersepeda dari Polsek-Polsek ke lingkungan terdekat, atau "soft approach" terhadap mahasiswa dengan mengedepankan Polwan sangat baik juga kembali digalakkan.

Menurut dia, kalau hal itu bisa dilakukan maka masyarakat merasa dekat dengan Polisi dan tercipta rasa aman di kalangan warga.

Eva menilai penegasan tidak ada visi dan misi yang dipaparkan oleh Idham, adalah contoh ketaatan pada pemerintah, seperti ditegaskan Presiden Jokowi bahwa tidak ada visi misi kabinet, yang ada adalah visi-misi Presiden dan Wapres.

"Idham Aziz adalah sosok yang pas, tidak ada visi misi pribadi, itu adalah contoh keteladanan, ketaatan pada pimpinan, seperti dikemukakan Presiden bahwa tidak ada visi misi anggota kabinet dan pimpinan lembaga negara, melainkan visi misi Presiden-Wapres," ujarnya.

Menurut dia, Idham dengan segala pengalaman dalam "counter terrorism" dan Bareskrim akan sangat pas di Polri karena saat ini deradikalisasi menjadi fokus pemerintah.

Eva juga menilai tujuh fokus perhatian Kapolri baru sangat relevan yaitu mewujudkan SDM unggul, pemantapan harkamtibnas, penguatan gakum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan dan penguatan pengawasan.

Dia juga menggarisbawahi pernyataan Idham yang menegaskan perhatian soal perumahan personel Polri.

"Idham Aziz tahu bahwa salah satu menegaskan profesionalitas basisnya adalah pemenuhan kebutuhan personel. Dia mengayomi anak buah, itu pas," katanya.

Baca juga: Puan Maharani sampaikan tantangan Kapolri baru

Baca juga: Idham Aziz akan tunjuk Kabareskrim baru tuntaskan kasus Novel

Baca juga: DPR setujui Idham Aziz jadi Kapolri

Baca juga: Pemberantasan korupsi jadi prioritas bila Komjen Pol Idham Kapolri

 

Disahkan DPR jadi Kapolri baru, Idham Azis sebut sebagai mukjizat

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019