Jakarta (ANTARA) - Tujuh tahun setelah iPhone 5 dirilis, Apple mulai mengirimkan peringatan kepada penggunanya bahwa mereka harus memperbarui perangkat iPhone 5 mereka ke versi terbaru iOS yang kompatibel, yakni iOS 10.3.4, pada Minggu, 3 November 2019.

Menurut Apple, dikutip dari Phone Arena, Senin, unit iPhone 5 yang tidak diperbarui ke iOS 10.3.4 pada akhir pekan ini tidak akan dapat terhubung ke internet.

Layanan dasar seperti App Store, iCloud, email, dan jelajah web melalui Safari atau Chrome akan berhenti bekerja.

Pembaruan perangkat lunak over-the-air akan menjadi tidak tersedia, meskipun ada solusi untuk ini.

Jika pengguna lupa menginstal perangkat lunak pada iPhone 5 pada 3 November, mereka harus mencadangkan dan mengembalikan data ke komputer sebelum pindah ke rilis iOS yang lebih baru.

Apple awalnya menghentikan pengembangan iOS 10 dua tahun lalu setelah rilis iOS 11, namun pada akhirnya terpaksa memperbaikinya musim panas ini untuk membantu menjaga kompatibilitas iPhone dan iPad yang lebih tua.

Sementara itu, iPad generasi keempat juga dipengaruhi oleh perubahan meskipun satu-satunya fungsi yang akan terpengaruh adalah GPS. Namun, untuk mengantisipasi, ada baiknya menginstal pembaruan, demikian Phone Arena.

Baca juga: 130.000 iPhone 11 terjual saat peluncuran di Korea Selatan

Baca juga: Trump kesal iPhone tidak ada tombol "home"

Baca juga: iPhone XR tetap yang terlaris di AS

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019