Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) memimpin serbuan para pebalap Yamaha di sesi latihan bebas kedua (FP2) GP Thailand, Jumat, dengan mencatatkan waktu tercepat siang itu.

Pebalap rookie asal Prancis itu di menit-menit terakhir sesi mencatatkan waktu satu menit 30, 404 detik untuk menggeser Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) ke peringkat dua dengan selisih 0,193 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Vinales dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) tadinya tampil sebagai dua pebalap teratas sebelum Quartararo memperbaiki catatan waktunya untuk berada di puncak FP2.

Baca juga: Marquez kecelakaan parah, Vinales puncaki FP1 GP Thailand

Sedangkan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) terpaut 0,329 detik dari pemuncak sesi untuk berada di peringkat lima setelah Jack Miller (Pramac Racing) yang tampil sebagai pebalap Ducati tercepat di sesi siang.

Marc Marquez (Repsol Honda) langsung turun di sesi FP2 setelah dinyatakan fit usai mengalami kecelakaan hebat di sesi FP1.

Pebalap yang mengincar gelar juara MotoGP keenamnya itu tak membuang waktu untuk turun di FP2 namun gagal memperbaiki catatan waktunya sehingga harus puas di peringkat enam di catatan waktu kombinasi dua sesi latihan, menjadi satu-satunya pebalap Honda yang masuk peringkat 10 besar.

Baca juga: Bukan Rossi atau Dovizioso, tapi Quartararo lah rival terberat Marquez

Setelah tampil impresif di Aragon, Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) kembali menunjukkan kecepatannya dan hanya berjarak 0,1 detik dari Marquez.

Espargaro finis di peringkat tujuh menungguli Andera Dovizioso (Ducati) yang berada di peringkat delapan.

Mengalami masalah teknis di FP1, Alex Rins (Suzuki Ecstar) kembali masuk peringkat 10 besar namun masih kalah cepat dari rekan satu timnya, pebalap rookie Joan Mir yang finis P9 di depan sang pebalap Spanyol.

Baca juga: Masih berambisi raih gelar juara, Rossi ganti kepala kru tahun depan

Danilo Petrucci (Ducati) terlempar dari peringkat 10 besar ke P11 dan harus berjuang di FP3 jika ingin mendapatkan slot otomatis lolos ke Q2. Demikian pula nama besar seperti Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) yang finis di P13.

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) di P15 sekembalinya dari cedera pergelangan tangan yang ia dapat di Aragon.


Waktu 10 besar kombinasi latihan
1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1 menit 30,404 detik
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) +0,193
3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +0,221
4. Jack Miller (Pramac Racing) +0,294
5. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) +0,329
6. Marc Marquez (Repsol Honda Team) +0,487
7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) +0,603
8. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +0,623
9. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) +0,682
10. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) +0,690

Baca juga: Marquez tinggal lakukan ini untuk kunci gelar juara dunia di Buriram

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019