Gorontalo (ANTARA) - Sekolah-sekolah yang ada di wilayah perbatasan di bagian barat Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, yaitu Kecamatan Tolinggula, ikut memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2019, Selasa.

Sekolah yang menyelenggarakan upacara Kesaktian Pancasila diantaranya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Tolinggula.

Harianto Ansir, Kepala SMP Negeri 6 Tolinggula mengatakan Tolinggula khususnya Desa Ilotunggula, merupakan "Kampung Pancasila", yang telah dideklarasikan oleh Komunitas Bela Indonesia Tolinggula.

Baca juga: Warga perbatasan hibahkan lahan demi pendidikan anak-anaknya

Baca juga: TNI ikut mengajar di SD perbatasan Papua
​​​​​​​

Bahkan pemerintah kecamatan mendukung deklarasi tersebut, ditandai dengan kehadiran Camat Tolinggula, Rizal Kune.

Maka upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila kata Harianto, tidak sekadar seremonial saja, namun menjadi momentum mengenalkan Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, kepada seluruh generasi muda di wilayah ini.

Harapannya, "Kampung Pancasila" Tolinggula, menjadi percontohan bagi wilayah lainnya di kabupaten itu, dalam menanamkan dan mengimplementasi nilai-nilai Pancasila bagi seluruh masyarakat.

Peringatan tersebut juga diwarnai dengan pemutaran film dokumenter G30 S/PKI.

"Seluruh siswa diajak nonton bareng film ini, sebagai upaya mengenalkan sejarah bagi mereka," ujarnya.

Peringatan tersebut juga diikuti Kepala Desa Ilotungula, para orang tua siswa dan seluruh bunda PAUD di wilayah itu.
Para siswa di sekolah-sekolah wilayah perbatasan Gorontalo Utara, di Kecamatan Tolinggula, nonton bareng film dokumenter G30 S/PKI (ANTARA/Susanti Sako/HO)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019