Jakarta (ANTARA) - Sebagian orang menganggap gula pasir dengan molase atau brown sugar lebih menyehatkan ketimbang gula putih.

Penderita diabetes biasanya dianjurkan untuk memilih brown sugar ketimbang gula putih.

Apa perbedaan kedua jenis gula itu? 

Brown atau gula putih?

Seperti dilansir dari Medical Daily, brown sugar dan gula putih terbuat dari tanaman tebu atau bit. Walaupun keduanya memiliki warna yang berbeda, nilai gizinya kurang lebih sama.

Faktanya, brown sugar hanyalah gula putih yang dibuat dari campuran gula putih halus dan molase untuk memberikan warna gelap serta sejumlah kecil vitamin dan mineral.

Brown sugar juga memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang lebih rendah daripada gula putih, meskipun perbedaannya sangat kecil.

Ada lebih banyak kalium, zat besi dan kalsium di brown sugar daripada gula putih. Namun, perbedaan ini terlalu kecil sehingga tidak mungkin mempengaruhi kesehatan Anda dalam jumlah yang signifikan.

Baca juga: Malas minum obat bisa sebabkan penyandang diabetes kena komplikasi

Pilihan yang lebih sehat

Penderita diabetes tidak akan lebih baik jika mereka memilih brown sugar daripada gula putih.

Kedua jenis gula itu tidak hanya berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan kondisi lain yang lebih tinggi, tetapi juga meningkatkan kadar gula darah sehingga sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Ada juga berbagai penelitian yang menunjukkan, asupan gula dapat mengganggu sensitivitas insulin, yang merupakan hormon yang membantu mengatur kadar gula darah

Jadi, penderita diabetes harus membatasi dan mengontrol asupan gula mereka, baik itu brown sugar ataupun gula putih.

Baca juga: Teh hitam hingga jus tomat bagus untuk penderita diabetes tipe 2

Baca juga: Jus kale bagus untuk penyandang diabetes tipe 2

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019