Jakarta (ANTARA) - Penyerang gaek Athletic Bilbao Aritz Aduriz yang membawa timnya menundukkan Barcelona 1-0 menyebut gol cantiknya sebagai bagian dari keindahan sepak bola.

Aduriz baru semenit memasuki pertandingan pembuka Liga Spanyol 2019/20 saat Ander Capa melepaskan umpan silang yang disambutnya dengan voli akrobatik untuk menjebol gawang Marc-Andre ter Stegen di San Mames, Sabtu dini hari WIB.

"Kadang sepak bola begitu indah dan ketika Anda tak begitu menantikannya, bola bisa menemui kakimu dan bersarang ke dalam gawang," kata Aduriz selepas pertandingan dilansir Reuters.

Gol itu bak jadi pembuka manis bagi musim terakhir Aduriz yang menyatakan akan gantung sepatu pada pengujung musim 2019/20.

Pesepak bola berusia 38 tahun itu menilai timnya cukup tenang kendati menghadapi tim juara bertahan.

"Barcelona adalah tim terbaik dan sangat sulit bisa mengimbangi mereka sepanjang laga, namun kami tahu betul cara mengelola tenaga," ujar Aduriz.

Baca juga: Messi absen, Barcelona tersungkur di kandang Bilbao dalam laga pembuka

Gol Aduriz memaksa Barcelona kembali menelan kekalahan dalam laga pekan pembukanya setelah terakhir kali terjadi pada 2008 silam.

Absennya megabintang Lionel Messi yang disusul ditarik keluarnya Luis Suarez jelang turun minum untuk mencegah cedera yang dialaminya memburuk, harus dibayar mahal oleh Barca.

Kehadiran dua bintang baru, Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann, yang melakoni debut untuk Blaugrana tak banyak membantu tim besutan Ernesto Valverde untuk memulai musim 2019/20 dengan cara terbaik.

Baca juga: Barcelona sepakat pinjamkan Coutinho kepada Bayern

Baca juga: Debut La Liga Eden Hazard tertunda cedera

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019