ANTARA - Gerai Pangan adalah kegiatan yang bertujuan mengoptimalkan peran BUMDes/ koperasi/ warung desa sebagai penyedia pangan B2SA, serta sarana promosi dan edukasi pola konsumsi pangan B2SA.

Gerai Pangan meliputi pengadaan sarana untuk menampilkan produk, seperti rak pajang, tempat penyimpanan makanan (freezer), keranjang, dan sebagainya. Ada juga pengadaan pangan strategis seperti beras, minyak, telur,  gula, daging sapi, daging ayam, sayur-mayur dan produk UMKM.Gerai Pangan berfungsi sebagai gerai penjualan hasil produksi Teras Pangan.

Warga di Kecamatan Karangmojo, Kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, menghadirkan Gerai Pangan yang berfungsi sebagai gerai penjualan hasil produksi Teras Pangan.

Sementara itu, Rumah Pangan merupakan tempat sosialisasi, promosi dan edukasi pola konsumsi pangan B2SA, serta pemberian makanan diutamakan kepada minimal 40 orang penerima manfaat. Penerima tersebut terdiri atas anak stunting, anak gizi kurang, anak gizi buruk, calon pengantin, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Pengelola Rumah Pangan adalah kader PKK kelurahan/desa yang didampingi oleh dinas setempat. Kegiatan Rumah Pangan di antaranya: menyusun menu makanan B2SA sesuai potensi pangan daerah setempat, mengolah/memasak pangan untuk dibagikan ke penerima manfaat, membagikan makanan B2SA yang sudah dimasak kepada penerima manfaat, serta melakukan edukasi dan sosialisasi konsumsi pangan B2SA. (Rina Anggraini/Keysha Anissa/Syahrudin/Satrio Giri Marwanto/Ahmad Faishal Adnan)

Saksikan bagian pertama dan kedua episode Mata Indonesia kali ini pada tautan berikut:
Mata Indonesia - "Makan enak, makan sehat, makan B2SA (Bagian 1)"
Mata Indonesia - "Makan enak, makan sehat, makan B2SA (Bagian 2)"