Jakarta (ANTARA) - Lagu milik mendiang Whitney Houston sekali lagi masuk ke tangga lagu Billboard Hot 100, seperti dilaporkan Entertainment Weekly, dikutip Selasa.

Lagu yang dibawakan sang diva pop berkolaborasi dengan Kygo, "Higher Love" itu dirilis tujuh tahun setelah kematiannya.

"Higher Love" adalah lagu hit Steve Winwood pada 1986 dan dinyanyikan ulang oleh Houston namun belum sempat dirilis. Lagu tersebut debut di peringkat 63 di antara deretan lagu paling sukses di Amerika.

Penempatan sebuah lagu ke dalam tangga lagu Billboard Hot 100 dilakukan setelah Billboard mengukur data dari streaming, siaran radio, dan penjualan digital dari pekan 28 Juni - 5 Juli. "Higher Love" mampu terjual hingga 24.000 unduhan minggu pertama, mencatat 6,6 juta stream, dan 1,3 juta pendengar di radio.

Kolaborasi lagu dance Houston dengan DJ Norwegia itu menandai debut Hot 100 pertamanya sejak 2009, ketika Swizz Beatz dan Alicia Keys memproduksi "Million Dollar Bill" --lagu terakhir dari album Whitney Huoston "I Look To You" sebelum kematiannya.

"Higher Love" adalah entri ke-40 milik Houston di tangga lagu Hot 100. Dia telah memperoleh 23 top 10 hit --11 di antaranya meroket ke no 1-- sejak merilis single pertamanya "Hold Me" kolaborasi dengan Teddy Pendergrass pada 1984.

Menurut Pat Houston, ipar Whitney dan satu-satunya pengurus estate miliknya, "Higher Love" adalah satu dari banyak proyek musik yang ada, termasuk potensi musikal Broadway, album baru, dan tur hologram berjudul "An Evening With Whitney".

"Sebelum dia meninggal, ada begitu banyak hal negatif di sekitar namanya; ini bukan tentang musiknya lagi," kata Pat Houston kepada New York Times tentang menghidupkan warisan sang penyanyi.

"Orang-orang lupa betapa hebatnya dia. Mereka membiarkan semua hal pribadi tentang hidupnya lebih penting daripada mengapa mereka jatuh cinta padanya."

Billboard akan merilis pembaruan Hot 100 lengkap pada Selasa.

Baca juga: Bobby Brown tuntut Showtime dan BBC atas dokumenter Whitney Houston

Baca juga: Nicki Minaj buat sejarah, 100 kali masuk Billboard Hot 100

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019