Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi mengungkapkan, jadwal keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan dimajukan, yakni, semula kloter pertama pada 9 Juli 2019 menjadi 6 Juli 2019 berangkat ke tanah suci.

"Jadwal keberangkatan haji sudah dirilis, Embarkasi Banjarmasin mulai memberangkatkan calon jamaah haji kloter pertama pada 6 Juli 2019. Ini berubah dari jadwal semula, dimajukan," ujarnya di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, para Calhaj kloter pertama gabungan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kota Banjarmasin plus tiga petugas haji, sebanyak 320 orang mulai masuk asrama haji pada 5 Juli 2019 pada pukul 08.00 WITA.

"Mereka akan diberangkatkan pada tanggal 6 Juli 2019 lewat Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin pada pukul 08.30 WITA," ucapnya.

Dijelaskan Noor Fahmi, alasan dimajukannya keberangkatan Calhaj kloter pertama haji Embarkasi Banjarmasin pada 2019 ini dari jadwal semula, karena adanya tambahan kuota dari jatah pembagian tambahan 10 ribu secara nasional oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Jadi jadwal keberangkatan kloter terakhir tambahan itu pada posisi jadwal semula, kloter yang lain maju, karena menempati jadwal keberangkatan kloter di bawahnya," ujar Noor Fahmi.

Seperti kloter kedua itu berangkat pada tanggal 7 Juli 2019 pada pukul 20.35 Wita, sementara masuk asrama haji pada tanggal 6 Juli 2019 pada pukul 20.35 Wita.

Untuk proses keberangkatan ini, yakni, sebanyak 13 kloter dari Provinsi Kalsel, atau sebanyak 4.136 orang plus 65 petugas haji, pihaknya sudah mulai membereskan pembuatan visa. "Untuk gelombang pertama keberangkatan haji embarkasi daerah kita sudah dikirim paspor mereka ke Kemenag pusat, untuk pembuatan visa," tuturnya.

Saat ini, persiapan keberangkatan haji daerah ini sudah melaksanakan manasik haji. "Semoga keberangkatan haji tahun ini berjalan lancar, dan semua pulang nantinya dengan selamat serta menjadi haji mabrur," katanya.*


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019