Sifat masing -masing jamaah berbeda dan itu harus diakomodasi petugas haji sehingga panitia harus mengetahui watak mereka,
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengharapkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang untuk mengetahui karakter para jamaah sehingga perjalanan haji berlangsung sukses.

"Sifat masing -masing jamaah berbeda dan itu harus diakomodasi petugas haji sehingga panitia harus mengetahui watak mereka," katanya usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, Selasa, di Palembang.

Intinya, kata dia, petugas dapat memberikan pelayanan terbaik bagi calon haji pemberangkatan tahun 1440 H/2019 sehingga para jamaah menjadi khusuk beribadah.

"Harapan saya tinggi, saya ingin semua para jamaah haji wajahnya cerah. Baik saat pulang maupun saat pemberangkatan," kata gubernur.

Keceriaan jamaah tersebut,kata dia, menandakan kualitas pelayanan yang diberikan PPIH telah maksimal.

"Jadi bekerjalah dengan ikhlas dan yakinkan pelayanan yang diberikan merupakan yang terbaik," katanya.

Gubernur mengatakan, menjadi seorang petugas haji merupakan salah satu pekerjaan yang mulia baik di mata manusia, terlebih di mata Allah SWT.

Oleh karena itu diharapkan para petugas dapat memberikan pelayanan dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk para jemaah haji.

"Saya yakin petugas yang tergabung dalam PPIH bekerja dengan maksimal, memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji baik saat pemberangkatan maupun saat kepulangan nantinya,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama, HM.Arfi Hatim mengharapkan, para
petugas yang tergabung untuk menjalankan tugas sesuai dengan standar operasional penyelenggaraan haji.

"Pemerintah berkewajiban memberikan diantaranya pelayanan, pembinaan dan perlindungan serta pelayanan kesehatan yang diperlukan jamaah," katanya.

Pelayanan embarkasi, katanya, adalah  kegiatan yang sangat penting karena akan memberikan kesan yang mendalam kepada para jamaah haji yang tercermin dari kualitas pelayanan haji di Tanah Air.

Oleh karena itu PPIH diminta dapat membangun kesan positif dengan bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing, demikian Arfi Hatim.

Baca juga: Manasik diikuti ribuan calon haji di Palembang

Baca juga: Di Sumsel, daftar tunggu calon haji hingga tahun 2030

Baca juga: Embarkasi Palembang terbaik nasional penyelenggaran haji 2017

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019