Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kampung Rambutan mengemukakan bahwa arus balik pemudik yang kembali ke Jakarta melalui terminal tersebut masih tinggi pada hari pertama masuk kerja pada Senin (9/6) atau empat hari setelah Lebaran (H+4).

"Pada hari pertama kerja masih terus berdatangan penumpang dari berbagai daerah ke Terminal Kampung Rambutan usai cuti Lebaran," ujar Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto ketika ditemui di Jakarta, Senin malam.

Ia mengemukakan bahwa jumlah kedatangan penumpang di Terminal Kampung Rambutan pada hari ini (10/6) sejak pukul 00.00-22.00 WIB mencapai sebanyak 22.791 orang. Sementara pada hari sebelumnya sebanyak 24.295 orang.

"Jumlah penumpang hari ini diprediksi masih terus bertambah hingga nanti dini hari, mungkin jumlahnya dapat melebihi hari sebelumnya," katanya.

Ia menambahkan masih ramainya pemudik yang datang disebabkan oleh libur anak sekolah yang masih berlangsung hingga akhir pekan nanti.

"Infonya, anak sekolah ada yang masuk pada tanggal 13 Juni dan 17 Juni nanti. Jadi, arus balik kemungkinan masih terus berlangsung hingga 16 Juni mendatang," paparnya.

Mengantisipasi arus balik yang masih tinggi, Thofik Winanto mengatakan, pihak pengelola Kampung Rambutan akan memperpanjang pos siaga keamanan pada arus balik Lebaran 2019 hingga 16 Juni 2019.

"Langkah ini mengantisipasi arus balik yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga 16 Juni. Jadwal sebelumnya posko pengamanan sampai tanggal 13 Juni 2019 atau tujuh hari setelah Lebaran (H+7)," katanya.

Terkait keamanan, lanjut dia, jumlah petugas yang disiagakan sebanyak 120 personel keamanan gabungan Pos Komando Terpadu Gabungan TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja. Terdapat juga kamera CCTV di setiap sudut terminal. 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019