Mudik bareng BUMN dengan kereta api ini merupakan kontribusi dari 11 BUMN
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 11 badan usaha milik negara (BUMN), yang tergabung dalam kegiatan penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN 2019, memberangkatkan 16 gerbong kereta dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

"Pada siang ini kami memberangkatkan kereta api jurusan Stasiun Pasar Senen (Jakarta)-Pasar Turi (Surabaya) dengan delapan gerbong berjumlah 800 penumpang. Kami juga memberangkatkan 700 penumpang dengan delapan gerbong lagi nanti," kata Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, yang juga Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN 2019 di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan, mudik bareng BUMN dengan kereta api ini merupakan kontribusi dari 11 BUMN.

Budi memaparkan, tujuan dari program tersebut adalah mengalihkan pemudik, yang mengendarai sepeda motor sebagai alat transportasi mudik ke moda angkutan lainnya.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah kecelakaan akibat mudik dengan kendaraan bermotor dapat diturunkan.

Menurut Budi, BUMN kali ini menargetkan 250.000 penumpang mudik gratis dengan menggunakan empat moda transportasi, yakni bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat yang diberangkatkan dari 80 kota menuju 166 kota.

"Alhamdulillah, sampai hari ini sudah mencapai 250.474 penumpang. Ada kenaikan 26 persen dibanding tahun lalu," ungkapnya.

Budi memastikan, seluruh masyarakat dapat mengikuti program mudik ini dengan mendaftar secara online.

"Program ini diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Kalau satu keluarga terdiri dari empat orang, mereka bisa menghemat Rp2 juta, yang bisa digunakan untuk kebutuhan lain," ujar Budi.

Pada 31 Mei 2019, BUMN akan memberangkatkan 540 bus dengan 32.000 penumpang dari Gelora Bung Karno< Jakarta, dengan tujuan seluruh daerah di Pulau Jawa dan Lampung.

Untuk mudik menggunakan pesawat, BUMN menargetkan untuk mengangkut 1.805 penumpang dari beberapa kota di wilayah Indonesia timur tahun ini.

Baca juga: 962 pemudik program mudik gratis PLN - RNI dilepas
Baca juga: INKA sediakan 300 kursi mudik gratis Lebaran 2019


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019