Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh meraih penghargaan terbaik penanganan konflik sosial dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, Banda Aceh kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, Banda Aceh menjadi terbaik penanganan konflik sosial," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Sabtu.

Penghargaan berupa piagam dan plakat tersebut diserahkan langsung Menkopolhukam Wiranto dan Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota Aminullah Usman di Jakarta Kamis (16/5/2019).

Wali Kota menyebutkan, indikator penghargaan tersebut karena Banda Aceh termasuk kota dalam kategori aman. Tidak pernah terjadi konflik antarsuku maupun agama di Banda Aceh.

Penilaian lainnya, sebut mantan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh, Kota Banda Aceh juga sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 tanpa ada gesekan.

"Menkopolhukam Wiranto menyebutkan sangat mengapresiasi kinerja tim terpadu penanganan konflik sosial Kota banda Aceh yang kami ketuai. Kerja keras dan kerja sama tim terpadu ini berhasil menciptakan kondisi yang kondusif terutama menjelang dan setelah pemilu," sebut Aminullah Usman.

Wali Kota menyebutkan, penghargaan tersebut sangat berarti bagi Kota Banda Aceh yang sedang menggenjot sektor pariwisata dan investasi. Dengan adanya penghargaan tersebut menegaskan bahwa Banda Aceh layak dikunjungi dan keamanan berinvestasi juga terjamin.

Oleh karena itu, Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat atas dukungannya selama ini.

"Pemerintah kota bersama masyarakat dan unsur pimpinan daerah membuktikan bahwa Banda Aceh sebagai daerah bekas konflik berkepanjangan, kini sangat aman dan nyaman di bawah naungan syariat Islam," kata Aminullah Usman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019