Langkat (ANTARA) - Sejauh ini sedikitnya sudah 92 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba Simpang Ladang Klas III, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang kabur berhasil ditangkap kembali oleh petugas.

"Sampai sejauh ini, sementara 92 napi yang kabur sudah berhasil diamankan kembali oleh petugas," kata Kapolda Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto yang ditemui di lokasi, Kamis malam.

Untuk pengamanan lanjutan, kata dia, sementara personel Polri dibantu TNI terus bersiaga dan petugas lapas terus melakukan perbaikan terhadap fasilitas lapas yang rusak dampak kerusuhan yang dilakukan oleh napi.

"Semoga bisa segera pulih dan terus dilakukan perbaikan terhadap fasilitas yang rusak," katanya.

Kepada napi yang masih kabur dan belum tertangkap ia juga menyampaikan imbauan agar segera menyerahkan diri secepatnya sebelum diambil tindakan tegas.

"Sebaiknya yang melarikan diri itu, jalani saja sisa hukuman yang masih ada," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 1.600 narapidana Lapas Narkoba Simpang Ladang Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat membakar bangunan dan sejumlah kendaraan, Kamis sekira pukul 14.00 WIB.

Kepala Kepolisian Resor Langkat AKBP Doddy Hermawan SIK di lokasi kejadian, menjelaskan, di dalam Lapas Narkoba terdapat 1.600 napi dan 215 di antaranya warga binaan perempuan.

"Kita tengah berupaya mengamankan lapas tersebut dan menurunkan satu kompi petugas Brimob, satu kompi Marinir, satu kompi Raider," ujarnya.

Baca juga: Polsek Hinai ringkus 22 napi pelarian Lapas Langkat



 

Pewarta: Juraidi dan Irsan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019