Konsistensi partai Nasdem selama lima tahun bahwa tidak ada mahar untuk maju sebagai caleg dari partai Nasdem menjadi citra positif dari masyarakat untuk mendukung partai Nasdem
Kupang (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Nusa Tenggara Timur berhasil memboyong tiga kadernya dari dua daerah pemilihan (Dapil) di provinsi berbasis kepulauan ini pada pemilu 2019 untuk menjadi anggota DPR-RI priode 2019-2024.

"Pada pemilu legislatif 2019 Partai Nasdem mendapat tiga kursi dari dua daerah pemilihan. Dua dari tiga kader partai Nasdem merupakan kader perempuan," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Nasdem Nusa Tenggara Timur, Alex Ofong ketika dihubungi Antara di Kupang, Minggu.

Tiga kader Partai Nasdem yang lolos menjadi anggota DPR-RI yaitu dua orang dari daerah pemilihan NTT I meliputi Pulau Timor, Sabu, Rote dan Pulau Sumba yakni Kristiana Muki dengan perolehan suara sebanyak 64.680 suara sedangkan Ratu Nggadu Bonu Wulla berhasil mendulang 50.301 suara.

Sementara itu caleg partai Nasdem dari daerah pemilihan NTT 2 meliputi Pulau Flores, Lembata dan Alor Johnny G Plate menulang suara 123.290 suara.

Menurut Alex, pada pemilu 2019 Partai Nasdem mendapat tambahan satu kursi yang diperoleh dari daerah pemilihan NTT I yang sebelumnya hanya mendapat satu kursi pada pemilu 2014.

Ia mengatakan, tingginya perolehan suara partai Nasdem pada pemilu 2019 karena hasil kerja keras seluruh kader partai pimpinan Surya Pallo di provinsi berbasis kepulauan ini.

"Konsistensi partai Nasdem selama lima tahun bahwa tidak ada mahar untuk maju sebagai caleg dari partai Nasdem menjadi citra positif dari masyarakat untuk mendukung partai Nasdem," kata Alex.

Selain memperoleh tiga kursi di DPR-RI, Partai Nasdem juga mendapat tambahan satu kursi di DPR-Provinsi NTT dari sebelumnya hanya 8 kursi bertambah jadi 9 kursi.

Sedangkan untuk DPR Kabupaten/kota di NTT, Partai Nasdem juga mendapat tambahan 13 kursi dari sebelumnya hanya 76 kursi pada pemilu 2014 bertambah menjadi 89 kursi pada pemilu 2019.

Selain Parai Nasdem perolehan tiga kursi untuk DPR-RI juga diperoleh PDIP masing-masing satu kursi dari Dapil II dan dua kursi dari Dapil NTT I, menyusul partai Golongan Karya dua kursi, PKB dua kursi, Demokrat dua kursi dan PAN satu kursi.

Sementara itu Ketua DPD I Partai Demokrat NTT, Jefri Riwu Kore mengatakan, Partai Demokrat memperoleh dua kursi untuk DPR-RI pada pemilu 2019 masing-masing satu dari Dapil NTT 1 dan satu kuris lainnya dari Dapil NTT II. 

Nama-Nama calon anggota DPR-RI asal NTT

Daerah Pemilihan NTT I

1. Kristian Muki, SPd, M.Si (Nasdem)
2. Herman Herry (PDIP)
3. Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar)
4. Ratu Nggadu Bonu Wulla (Nasdem)
5. Anita Jacoba Gah (Demokrat)
6. Edward Tanur (PKB)
7. Yohanis Fransiskus Lema (PDIP).

Daerah Pemilihan NTT II

1. Andreas Gugo Parera (PDIP)
2. Johnny G Platte (Nasdem)
3. Melchias Markus Mekeng (Golkar)
4. N.M. Dipo Nusantara (PKB)
5. Ahmad Yohan (PAN)
6. Benny K Harman (Demokrat).

Baca juga: Jokowi-Amin menang mutlak di 16 kabupaten di NTT

Baca juga: Tokoh agama apresiasi Pemilu di NTT tanpa kecurangan

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019