Festival Ramadhan 2019 akan menjadi sebuah ajang menarik dan membawa pengalaman baru bagi wisatawan
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar kegiatan wisata religi bertajuk "Festival Ramadhan 2019", yang akan menyuguhkan ragam kegiatan menarik bernuansa Islami kepada wisatawan khususnya dan masyarakat.

"Festival Ramadhan yang digelar Pemerintah Aceh melalui Disbudpar ini merupakan bagian promosi wisata halal khususnya dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan Festival Ramadhan yang akan berlangsung di Taman Budaya Banda Aceh akan dibuka Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada 7 Mei 2019.

"Festival Ramadhan 2019 akan menjadi sebuah ajang menarik dan membawa pengalaman baru bagi wisatawan muslim selama berada di Aceh," katanya.

Menurut dia, Festival Ramadhan 2019 tidak hanya memperkenalkan Aceh sebagai destinasi wisata halal dengan sebutan Serambi Mekah yang sarat dengan budayanya yang Islami, tapi juga mengajak wisatawan muslim melaksanakan ibadah Puasa dengan penuh khidmat dan berkah.

"Wisatawan dapat menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan saat berada di Aceh dan memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan di Indonesia dan internasional," katanya.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani mengatakan Festival Ramadhan 2019 akan digelar selama dua minggu dari 7 hingga 21 Mei yang dimulai pukul 16.30 hingga 20.00 WIB dan kemudian dilanjutkan kembali pada pukul 21.30 WIB hingga selesai.

Adapun ragam kegiatan yang dipusatkan di Taman Budaya tersebut antara lain bazar dan kuliner, jajanan berbuka puasa, pentas dan lomba seni budaya Islami, pameran budaya Islami, pemutaran film Islami, buka puasa, tausyiah dan kegiatan pendukung menarik lainnya, seperti lomba seni Islami, azan, mewarnai, nasyid, dalail khairat dan lain sebagainya.

"Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, shalat Tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan lelang baju artis nasional, yang hasil lelang akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa, " katanya.

Rahmadhani menambahkan, Festival Ramadhan 2019 akan menampilkan nuansa unik dan menarik dengan aneka dekorasi budaya Aceh yang Islami dalam rangka memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung Festival Ramadhan 2019.

"Semoga wisatawan muslim, khususnya wisatawan Malaysia akan menjadikan Festival Ramadhan 2019 sebagai salah satu paket wisata favorit keluarga mereka saat berada di Aceh," katanya.

Baca juga: ASN diminta bekerja maksimal selama Ramadhan

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019