Batam (ANTARA) - Hampir 50 orang pingsan karena tidak mampu menahan panas, terik, dan padatnya suasana kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Jokowi tiba di Kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Sabtu, sekitar pukul 13.45 WIB.

Kedatangannya langsung disambut antusias oleh ribuan masyarakat yang menyemut mengelilingi panggung di tengah stadion tersebut.
Saking padat dan teriknya suasana siang itu, bahkan sebelum orasi politik dimulai petugas keamanan dan kesehatan berlarian mengevakuasi beberapa masyarakat yang berjatuhan di sisi panggung karena pingsan.

Maka saat akan memulai pidatonya mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpesan kepada masyarakat yang hadir agar tetap tertib dan tidak berdesakan.
“Sebelum saya mulai dilonggarkan jangan dorong-dorongan. Soalnya sudah 27 yang pingsan. Semua tertib,” kata Jokowi.

Ia pun meneruskan pidatonya namun di tengah orasinya masyarakat yang pingsan terus bertambah. “Jangan berdesak-desakan. Yang pingsan sudah lebih dari 30. Hati-hati semuanya,” katanya.

Semakin panas dan padatnya kondisi di lapangan membuat masyarakat yang pingsan bertambah banyak. “Yang pingsan sudah lebih dari 50 orang. Jangan ditambah lagi. Setuju?” kata Jokowi di akhir pidato.

Acara kampanye akbar Jokowi dimeriahkan penampilan band ternama di antaranya Jamrud.
Jokowi sendiri setelah melakukan orasi politik melanjutkan kembali perjalanannya ke Jakarta setelah sebelumnya berkampanye di Sumatera Utara.

Sejumlah tokoh yang menyertai Jokowi dalam kampanye tersebut di antaranya Ketua TKN Erick Tohir, Wakil Ketua TKN Moeldoko, dan Ketua Umum PBB dan penasehat hukum Jokowi, Yusril Ihza Mahendra.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019