Tanjungpinang (ANTARA) - Empat unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skuadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak menggelar latihan di langit Provinsi Kepulauan Riau mulai 18-22 Maret 2019.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen, di Tanjungpinang, mengatakan, pesawat tempur itu dilengkapi dengan persenjataan rudal pintar jenis Maverick milik TNI AU.

"Empat pesawat tempur itu mendarat di Bandara Hang Nadim Batam pukul Senin (18/3)," katanya.

Elistar menyambut kedatangan empat pesawat tempur yang dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Supriyanto. Pesawat itu akan melaksanakan Latihan Maverick.

"Dalam rapat tertutup di Ruang VIP Bandara Hang Nadim, Danlanud RHF Kolonel Pnb Elistar Silaen, mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat untuk mengutamakan faktor keamanan, serta memperhatikan keselamatan terbang dan kerja dalam pelaksanaan latihan tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi Lanud Raja Haji Fisabilillah, Mayor Lek Wardoyo menjelaskan kegiatan tersebut akan dibagi dalam beberapa jenis latihan, diantaranya latihan Maverick, latihan terbang day and night.

"Latihan transisi hingga terbang provisiensi. Ada juga pengamanan patroli udara secara bersama-sama,” ucapnya.

Selain latihan terbang, kata dia salam kegiatan tersebut akan diadakan sesi Open Base atau Static Show untuk masyarakat umum yang direncanakan digelar pada Kamis, 21 Maret 2019 mulai pukul 14.30 WIB-18.00 WIB.

“Dalam momentum latihan ini, kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Kepulauan Riau untuk melihat dari dekat alutsista berupa pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara,” jelasnya.

Di Bandara Hang Nadim terdapat empat unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 serta Helicopter SAR Puma yang akan melakukan Fly Pass beberapa kali guna meramaikan acara tersebut.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019