Aksi bersih-bersih yang salah satu fokusnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu ini tujuannya adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat Kota Samarinda agar berlaku hidup bersih dan sehat
Samarinda, (ANTARA News) - Ratusan prajurit TNI AD dari kesatuan Komando Rayon Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma, Samarinda, Kalimantan Timur, dikerahkan membersihkan sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan tema "Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai".

"Aksi bersih-bersih yang salah satu fokusnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu ini tujuannya adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat Kota Samarinda agar berlaku hidup bersih dan sehat," kata Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 091/ASN Kapten (Arh) Azrul Azis di Samarinda, Kamis.

Selain itu itu, aksi ini juga dimaksudkan agar kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan meningkat, termasuk untuk membangun optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan mulai generasi muda, keluarga, masyarakat perorangan, lembaga swasta, organisasi masyarakat, hingga pihak yang terkait langsung dalam keseimbangan lingkungan.

Paling tidak, kata dia, pribadi yang terlibat dalam HPSN kali ini mampu menjadi pioner dalam keluarga dan lingkungan sekitar, karena setiap perbuatan baik yang dilakukan secara ikhlas akan dijadikan tauladan bagi orang lain sehingga akan banyak warga yang menirunya.

"Melalui momentum peringatan HPSN ini, mari kita bersama-sama peduli terhadap sampah, terutama sampah-sampah nonorganik yang harus kita pisahkan dan dibuang pada tempat yang semestinya, karena jika sampah nonorganik dibiarkan berserakan, maka akan mencemari tanah dan air," katanya.

Dalam aksi yang menyebar ke sejumlah titik, -- bukan hanya di TPA Bukit Pinang-- itu juga melibatkan Kodim 0901 Samarinda, Yonif 611/Awang Long, Polri, Muspida, Muspika, sejumlah masyarakat Kota Samarinda, serta kelompok Pramuka Saka Bhayangkara.

Sedangkan kawasan yang menjadi target pembersihan adalah di Sungai Karang Mumus Jalan S Parman Samarinda , Pasar Arum Sungai Pinang, Pasar Segiri, Pasar Pagi, Pasar Kedodong Jalan Ulin Kelurahan Karang Asam, Pasar Baqa Samarinda Seberang.

"Aksi bersih-bersih yang dilakukan untuk memperingati HPSN ini saya harapkan hanya sebagai momentum, sehingga untuk kesadaran mengenai arti pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya setahun sekali seperti ini," demikian Azrul Azis.

Baca juga: TNI tambah satu batalyon perbatasan di Kaltim

Baca juga: Mahasiswa dan Dekan bersih-bersih Sungai Karang Mumus

Baca juga: Sulit hilangkan budaya buang sampah sembarangan ke sungai

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019