Jakarta (ANTARA News) - Si Juki, karakter fiksi karya Faza Meonk, kini melebarkan sayap ke dunia sepakbola lewat kerjasama dengan liga utama Spanyol La Liga.

Faza saat ini sedang mengunjungi berbagai klub La Liga, termasuk di antaranya FC Barcelona, Eibar, Leganes, Espanyol dan Real Sociedad. 

Selama dua pekan, Faza mengunjungi kota-kota di Spanyol bersama Si Juki, yang juga diperlihatkannya melalui foto-foto di akun media sosial karakter tersebut.

"Aku sedang riset di Spanyol, akan ke hampir seluruh klub di sini," ujar Faza lewat panggilan telepon Whatsapp pada Antara, Jumat (14/12).

Hasil risetnya akan digodok menjadi berbagai karya, salah satunya komik. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

@jukihoki x @rcdespanyol mascot

A post shared by Faza Meonk (@fazameonk) on




Tema sepak bola bukan hal baru untuk Si Juki. Sebelumnya Faza sudah pernah menerbitkan komik "Bacotan Bola Si Juki" dan seri "Keroyokan" yang mengangkat tema soal sepak bola.

Baca juga: Promosikan wisata Indonesia, Si Juki jalan-jalan ke Labuan Bajo

Baru-baru ini Si Juki bekerjasama dengan Kemenko Bidang Kemaritiman membuat komik Seri Jalan-Jalan Nusantara untuk mempromosikan tujuan wisata Tanah Air.

Berdasarkan data dari Elex Media Komputindo yang menerbitkan beberapa judul komik Faza Meonk, termasuk "Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan Labuan Bajo-Flores", Si Juki menduduki peringkat pertama dari segi penjualan komik lokal.

"Sejak 2017 hingga sekarang, keseluruhan judul Si Juki sudah terjual lebih dari 100.000 eksemplar. Itu termasuk sangat laris," kata Product Specialist Elex Media Komputindo Tabita Murti kepada ANTARA, Jumat (14/12).

Baca juga: Komik baru, Si Juki jalan-jalan ke Korea dengan Larva

Tabita mengatakan judul yang paling banyak diminati adalah "Si Juki: Lika-liku Anak Kos" dan "Si Juki Seri Jalan-Jalan: Petualangan di Korea" di mana karakter tersebut tampil bersama karakter Larva dari Negeri Ginseng.

Tak hanya tampil dalam bentuk komik, karakter lelaki tengil ini juga sudah diadaptasi ke dalam film layar lebar "Si Juki The Movie" yang baru menyabet penghargaan Film Animasi Terbaik di Festival Film Indonesia 2018.

Baca juga: "Si Juki The Movie" petualangan anak Indonesia yang berani tampil beda

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018