Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen akan meneruskan persaingan mereka untuk menjadi jawara Liga Jerman, di mana pada pekan ke-10 mereka akan berhadapan dengan Wolfsburg dan Freiburg pada Sabtu (3/11).

Dortmund, dengan koleksi 21 poin, masih memuncaki klasemen namun keunggulan mereka terpangkas dua poin setelah ditahan imbang 2-2 oleh Hertha Berlin pada akhir pekan silam. Namun nuansa positif dapat diapungkan pelatih Lucien Favre setelah pada tengah pekan pasukannya meraih kemenangan 3-2 atas Union Berlin pada ajang Piala Jerman.

Favre kemungkinan akan dapat menurunkan tim yang lebih kuat setelah ia merotasi para pemainnya pada laga tengah pekan. Terutama dengan menurunkan sederet pemain muda yakni Jadon Sancho, Christian Pulisic, dan Paco Alcacer.

Wolfsburg sendiri telah kembali ke jalur kemenangan berkat keberhasilannya menang 3-0 di markas Duesseldorf akhir pekan silam. Sebelumnya mereka menjalani enam pertandingan di Liga Jerman tanpa raihan kemenangan.

Tim peringkat ke-10 di Liga Jerman ini juga mendapat suntikan kepercayaan diri setelah menang 2-0 atas Hannover di ajang Piala Jerman yang dihelat tengah pekan.

Sayang, catatan terkini tidak memihak Wolfsburg yang akan bertindak sebagai tuan rumah. Dari tiga pertemuan terakhir di semua kompetisi, Dortmund mencatatkan clean sheet atau tidak kemasukan gol sama sekali saat berhadapan dengan Wolfsburg.

Pada pertandingan lain, Muenchen, yang memiliki 19 poin, akan menjamu tim peringkat ke-11 Freiburg. Muenchen telah berhasil memangkas jarak dengan Dortmund, namun mereka masih belum mampu tampil dominan seperti yang biasanya mereka lakukan.

Kemenangan 2-1 atas tim divisi empat Roedinghausen pada Piala Jerman di tengah pekan juga didapat tanpa penampilan yang meyakinkan, dan mereka harus menelan pil pahit dari kemenangan itu akibat cederanya Thiago, yang akan menepi selama beberapa pekan.

Selain Thiago, Muenchen juga masih kehilangan beberapa pemain inti seperti Kingsley Coman dan Corentin Tolisso, namun dengan kedalaman skuat yang dimiliki, mereka masih dapat mengandalkan pemain-pemain lain untuk mengisi spot yang kosong.

Leon Goretzka dapat menjadi opsi tambahan di lini tengah jika James Rodriguez belum pulih dari cedera ringan. Sedangkan di sektor sayap, Serge Gnabry siap bersaing dengan Franck Ribery dan Arjen Robben untuk mengisi sektor sayap.

Freiburg baru kalah satu kali dari tujuh pertandingan terakhirnya di Liga Jerman, namun mereka disingkirkan klub divisi dua Kiel dari Piala Jerman akibat kekalahan 1-2 pada Rabu. Masalah cedera serta waktu istirahat yang lebih singkat akan membuat pasukan Christian Streich kesulitan menemukan stabilitas.

Borussia Moenchengladbach dan Werder Bremen yang menghuni peringkat ke-3 dan ke-4, kemungkinan tidak akan menemui hambatan serius untuk mendulang tiga poin.

Moenchengladbach, dengan 17 poin, akan menjamu tim peringkat ke-17, Fortuna Duesseldorf. Keunggulan kualitas jelas dimiliki tuan rumah, namun mereka harus segera bangkit setelah pada pertandingan terakhir di liga menelan kekalahan 1-3 saat dijamu Freiburg, dan kalah telak 0-5 dari Leverkusen pada pertandingan Piala Jerman.

Sedangkan Bremen, juga dengan 17 poin, akan dijamu tim peringkat ke-13 Mainz 05. Bremen menelan hasil yang sangat bertolak belakang pada dua laga terakhirnya, mereka dihajar 2-6 oleh Leverkusen pada pertandingan terakhir di liga dan kemudian menang 5-1 atas Flensburg pada Rabu di Piala Jerman yang dimainkan pada Rabu.

Tuan rumah Mainz menjalani musim yang berat, di mana mereka telah menjalani enam pertandingan tanpa kemenangan secara beruntun di Liga Jerman dan hanya mencetak satu gol pada periode tersebut. Mereka juga takluk 2-3 dari Augsburg pada pertandingan Piala Jerman di tengah pekan, yang akan semakin menghantam kepercayaan diri dan kesegarannya.

Jadwal pertandingan Liga Italia pekan ke-10:
Sabtu 3 November:
02.30 VfB Stuttgart vs Eintracht Frankfurt
21.30 Bayer Leverkusen vs Hoffenheim
21.30 Bayern Muenchen vs Freiburg
21.30 Augsburg vs FC Nuernberg
21.30 Schalke 04 vs Hannover 96
21.30 Wolfsburg vs Borussia Dortmund

Minggu 4 November:
00.30 Hertha Berlin vs RB Leipzig
21.30 Borussia Moenchengladbach vs Fortuna Duesseldorf

Senin 5 November:
00.00 Mainz 05 vs Werder Bremen

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Jerman, Muenchen mulai dekati Dortmund
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018