Yogyakarta (ANTARA News) - Kemeriahan dalam gelaran Festival Jogja yang berlangsung selama satu bulan penuh sepanjang Oktober untuk memperingati hari ulang tahun ke-262 Kota Yogyakarta resmi ditutup dengan pengundian pemenang belanja Jogja Great Sale.

"Berbagai kegiatan selama Festival Jogja selama Oktober berlangsung meriah, mulai dari Wiwitan hingga acara penutup yang disebut Pungkasan. Seluruhnya berjalan baik. Kerja keras, tidak akan mengkhianati hasil," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat menutup Festival Jogja di Yogyakarta, Rabu malam.

Menurut dia, seluruh pihak sudah bekerja keras demi keberhasilan seluruh kegiatan selama Jogja Festival yang dibuktikan dengan antusiasme masyarakat untuk ikut ambil bagian dan memeriahkan berbagai kegiatan, di antaranya festival kopi di sepanjang Malioboro, pentas seni di seluruh kecamatan, festival belanja Jogja Great Sale dan puncak acara Wayang Jogja Night Carnival.

Meskipun seluruh kegiatan dalam Jogja Festival berjalan lancar, namun Haryadi berkeinginan agar penyelenggaraan tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik.

"Kami akan evaluasi. Tujuannya agar penyelenggaraan pada tahun-tahun berikutnya akan semakin baik dan masyarakat pun semakin antusias mengikutinya," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Jogja Great Sale Rudy P Budiharjo mengatakan, masyarakat sangat antusias mengikuti undian belanja yang baru digelar untuk pertama kalinya tahun ini dengan banyaknya kupon undian yang masuk..

Pelaku usaha pun sepertinya berlomba-lomba untuk memeriahkan Jogja Great Sale sehingga kegiatan tersebut tidak hanya diikuti enam pusat perbelanjaan, tetapi 57 hotel, 31 restoran dan enam tempat hiburan.

Baca juga: Pertama kali digelar, ini yang ditawarkan "Jogja Great Sale"

"Jumlah undian yang masuk juga sangat banyak. Karena antusiasme masyarakat cukup besar, maka diharapkan kegiatan ini dapat terselenggara secara rutin setiap tahunnya," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, pelaku usaha di Yogyakarta juga dapat berkonstribusi untuk mendukung pengembangan industri pariwisata di Yogyakarta sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada saat undian, hadiah utama yang dipersembahkan oleh BPD DIY dimenangkan oleh Anjar Sudiarto, sedangkan lima unit sepeda motor persembahan dari BRI dimenangkan oleh Irene Mudyastami, Indah Mareta Sari, Siti Atik Andriyati, Dwi Sugiarti dan Abdul Aziz.

Haryadi berkesempatan menyampaikan secara langsung berita gembira terhadap pemenang hadiah utama. Meskipun sambungan telepon maupun video call tidak terlalu lancar, namun berita tersebut dapat tersampaikan ke pemenang.

Selain pengundian hadiah, dalam acara Pungkasan tersebut juga diumumkan pemenang untuk penampil terbaik dalam Wayang Jogja Night Carnival. Kecamatan Mergangsan dinobatkan sebagai penampil terbaik, diikuti Kecamatan Gondokusuman dan Wirobrajan di posisi kedua dan ketiga, sedangkan Kecamatan Umbulharjo menjadi penampil terfavorit.

Baca juga: Wiwitan tandai dimulainya peringatan HUT yogyakarta

Baca juga: Wayang Jogja Carnival diusulkan menjadi agenda nasional

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018