Meski mengalami kerusakan pada sarana fasilitas distribusi akibat bencana gempa dan tsunami, Terminal BBM Donggala kembali dapat menyalurkan BBM sejak Minggu (30/9)
Kendari, (ANTARA News) - Pertamina mengirimkan pasokan bahan bakar minyak (BBM) tambahan sekitar 400 ribu liter ke Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, yang dihubungi di Makassar, Selasa, mengatakan BBM yang diberangkatkan dari Terminal BBM Tolitoli, Poso, Donggala, Makassar dan Gorontalo sudah tiba di Palu, hari Senin (1/10) malam.

"Pengiriman tersebut menggunakan moda transportasi darat dan udara. Pasokan ini untuk memenuhi kebutuhan di SPBU dan kebutuhan operasional RS, pembangkit listrik, BASARNAS, Posko Bencana, TNI, POLRI, dan lainnya," katanya

Ia mengatakan, Pertamina terus berupaya maksimal melakukan penyaluran BBM kepada masyarakat dengan menambah pasokan BBM melalui segala moda transportasi yang tersedia.

"Untuk pasokan melalui jalur darat, kami menambah pasokan dengan melakukan alih pasok dari Terminal BBM Pertamina yang beroperasi," katanya.

Sedangkan melalui moda transportasi udara, kata dia, sudah dilakukan dua kali pengiriman bahan bakar menggunakan pesawat air tractor.

"Meski mengalami kerusakan pada sarana fasilitas distribusi akibat bencana gempa dan tsunami, Terminal BBM Donggala kembali dapat menyalurkan BBM sejak Minggu (30/9)," katanya.

Pesawat air tractor pembawa solar yang dioperasikan Pelita Air, kata dia, membawa solar dengan kapasitas 4 ribu liter dari Tarakan menuju Palu.

"Pengiriman menggunakan air tractor sudah dilakukan sejak hari Senin (1/10) dan hari ini telah melakukan pengiriman kedua di Palu. Total penyaluran menggunakan pesawat air tractor sebanyak 8 ribu liter solar," katanya.

Disebutkan, seluruh pasokan BBM itu terdiri atas lebih dari 380 ribu liter premium, pertalite dan solar, serta lebih dari 30 ribu liter avtur.

"Pasokan BBM tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Palu serta pasokan untuk rumah sakit, Basarnas, pembangkit listrik," katanya.*

Baca juga: Pertamina kirim tim khusus perbaiki terminal BBM Donggala

Baca juga: Pengadaan listrik dan BBM jadi prioritas di Sulteng


 

Pewarta: Suparman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018