Natuna, Kepri,  (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I memberikan beasiswa untuk pelajar dari daerah pulau terluar, terdepan dan tertinggal (3T) yang berada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Pemberian bantuan beasiswa itu diserahkan Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana usai kegiatan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI di halaman Kantor Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna, Jumat.

Sebanyak 73 orang pelajar berasal dari tiga kecamatan yakni 23 orang dari Kecamatan Bunguran Timur Laut, 25 orang dari Kecamatan Pulau Laut dan 25 orang dari Kecamatan Subi.

"Penyerahan beasiswa untuk pelajar berprestasi ini sebagai komitmen kami dari BUMN yang hadir hingga di daerah 3T," katanya.

Selain penyerahan beasiswa untuk pelajar daerah 3T pada kesempatan yang sama Pelindo juga menyerahkan bantuan berupa bedah rumah untuk lima orang karyawan alih daya yang bertugas di Tanjungpinang.

Kegiatan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI yang di pusatkan di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna, merupakan sinergi BUMN dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang dilakukan tiga BUMN yakni Perum LKBN Antara, Pelindo I dan Persero Batam.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa 2.500 paket bahan pokok masyarakat untuk masyarakat yang berasal dari tiga kecamatan yakni 1.000 paket untuk Kecamatan Pulau Subi, 500 paket bagi Kecamatan Bunguran Timur Laut dan 1.000 paket lain kepada warga Kecamatan Pulau Laut.

Penyerahan bantuan rambu laut dan perbaikan sekolah juga diberi ke Kecamatan Pulau Laut dan Pulau Subi yang diterima perwakilan kecamatan tersebut.

Sedangkan, Direksi Perum LKBN Antara, Nina Kurnia Dewi, menyerahkan 73 bendera merah putih dan 73 tong tempat sampah yang akan ditempatkan di pulau terluar yang berada di Natuna.

Sumbangan bendera tersebut diberikan kepada komunitas Jelajah Rantau Bertuah dan Komuna, dua komunitas di Natuna yang aktif menanamkan semangat nasionalis dengan melakukan pengibaran bendera di pulau-pulau terluar.

"Sumbangan bendera ini untuk mengantikan secara berkala bendera yang telah dikibarkan di pulau pulau terluar di Natuna dan tong sampah untuk menjaga lingkungan di kawasan pulau tersebut. Kita tahu, Beberapa pulau terluar yang ada di Natuna menjadi lokasi wisata jadi bersamalah kita menjaga pulau terluar meski dalam kondisi kosong," ujar Nina.

Upacara Bendera HUT RI ke 73 BHUN diikuti pejabat Kabupaten Natuna, masyarakat Kecamatan Bunguran dan para pelajar. Rangkain HUT juga akan dimeriahkan dengan permainan rakyat seperti panjat pinang dan lomba balap karung.*

Baca juga: Pelajar daerah terpencil Natuna diingatkan semangat BUMN

Baca juga: Sultan pimpin upacara peringatan kemerdekaan


 

Pewarta: Evi Ratnawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018