Riyadh, Arab Saudi (ANTARA News) - Pemerintah Arab Saudi pada Selasa (7/8) mengkonfirmasi bahwa jamaah Qatar dapat menunaikan Ibadah Haji, demikian laporan Saudi Press Agency.

Kementerian Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi menuduh Qatar memblokir lamannya bagi warga negara Qatar untuk mendaftarkan diri pada Musim Haji tahun ini.

Untuk mengatasi halangan tersebut, kementerian itu menyatakan warga negara Qatar diundang untuk datang ke Kerajaan tersebut dan menyelesaikan pendaftaran mereka saat mereka tiba di Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz di Jedah.

Kementerian itu menambahkan jamaah haji Qatar akan datang naik pesawat apapun kecuali Qatar Airways, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Dan warga negara Qatar yang tinggal di Kerajaan tersebut dapat mendaftarkan permohonan mereka di dalam Arab Saudi untuk menunaikan Haji melalui saluran yang disediakan oleh Kementerian Urusan Haji dan Umrah buat warga negara Qatar.

Arab Saudi telah memimpin negara lain dalam memutuskan hubungan dengan Qatar sejak 2017 sehubungan dengan tuduhan mengenai campur- tangan dalam urusan dalam negeri negara lain dan mendukung terorisme.

Qatar dengan tegas membantah semua tuduhan tersebut.

Baca juga: Saudi perketat penjagaan jelang pelaksanaan haji

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Pewarta: antara
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018