Sorong, Papua Barat (ANTARA News) - Dukungan dan doa mengalir dari masyarakat Kota Sorong, Papua Barat, untuk para atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games ke-18 tahun 2018.

"Semoga dapat mengalahkan lawan-lawan dari negara lain dan mendapatkan medali emas," ujar warga Sorong, Margaretha Nebore ketika ditemui di Sorong, Papua Barat, Jumat.

Hal senada juga disampaikan penduduk Kampung Baru, Sorong, Youngky Soren. Dia berharap semua atlet bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, terlepas hasilnya kalah atau menang.

"Yang penting atlet berjuang pantang menyerah," kata Youngky.

Melalui sosialisasi pemerintah daerah setempat dan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), warga Sorong memang sudah merasakan denyut Asian Games 2018 meski wilayah yang berjuluk Kota Minyak itu berjarak ribuan kilometer dari arena-arena pertandingan yang berada di Provinsi DKI Jakarta, Palembang, Banten dan Jawa Barat.

Gelombang euforia Asian Games itu semakin terasa dengan singgahnya api obor Asian Games yang menjadi bagian kegiatan Kirab Obor Asian Games 2018.

Api obor Asian Games 2018 sendiri tiba di Sorong pada Jumat (27/7) pukul 10.00 WIT dengan menggunakan KRI I Gusti Ngurah Rai yang berangkat dari Waisai, Raja Ampat.

Kemudian, mulai pukul 14.00 WIT, api tersebut diarak keliling Kota Sorong dengan cara dibawa bergantian secara estafet oleh para pejabat pemerintah daerah dan instansi terkait.

Kegiatan ini menjadi spesial karena diikuti pula oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo yang sempat berlari membawa api Asian Games sebelum memberikannya ke Wali Kota Sorong Lambert Jitmau.

Arak-arakan api obor di Sorong dimulai dari markas Komando Armada III TNI Angkatan Laut dan berakhir di halaman Kantor Wali Kota Sorong. Di sana, Mendes PDTT dan Wali Kota Sorong sempat berinteraksi dengan masyarakat yang hadir menyaksikan seremoni tersebut.

"Acara Kirab Obor berjalan meriah. Kami masyarakat Sorong bangga dan senang dengan adanya acara ini," tutur Youngky Soren.

Adapun acara Kirab Obor di Asian Games 2018 di Sorong, Papua Barat menjadi petualangan terakhir obor Asian Games di Tanah Papua setelah sebelumnya dibawa ke Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Berikutnya, api Asian Games 2018 akan singgah ke Tanjung Bira, Makassar, untuk acara kirab obor pada 28-30 Juli 2018. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018