Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan diskon dengan besaran maksimal 72 persen untuk pembelian tiket Asian Games 2018.

Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok P Setyawati mengatakan diskon diberikan jika transaksi pembelian tiket Asian Games dilakukan melalui PT Pison Tickettech (kiosTix) dengan menggunakan aplikasi sistem pembayaran "Yap!" milik BNI.

"Diskon berlaku untuk pembelian seluruh jenis tiket pertandingan di Asian Games 2018 baik di Jakarta, Palembang, dan tempat-tempat lain yang ada di beberapa kota di Jawa Barat," katanya usai kesepakatan kerja sama dengan kiosTix di Jakarta, Senin.

Selain diskon beragam hingga 72 persen untuk tiket perdana, BNI juga memberikan diskon hingga 30 persen untuk tiket terusan seluruh cabang olahraga. Namun, seluruh diskon tersebut berlaku untuk cara pembayaran melalui aplikasi "Yap" dan kartu kredit BNI di kiosTix.

Tambok mengatakan program diskon melalui kiosTix dan "Yap!" itu untuk meningkatkan cara pembayaran secara non-tunai.

BNI juga mencetak 18 ribu kartu debet BNI khusus edisi Asian Games. Jika pengguna menggnakan kartu debet tersebut untuk bertransaksi, maka akan mendapat harga promosi di "merchant" (agen usaha) yang telah bekerja sama dengan BNI.

Adapun "yap!" atau "Your All Payment" merupakan aplikasi pembayaran di ponsel pintar. Untuk menjadi pengguna "Yap!", kata Tambok, tidak selalu harus menjadi nasabah BNI karena dana milik pengguna "Yap!" dapat bersumber dari Kartu Kredit BNI, Kartu Debit BNI , UnikQu atau juga uang elektronik.

Untuk mendukung kelancaran pembayaran melalui "Yap!", BNI menyebar mesin perekam data elektronik (EDC) di berbagai tempat di perhelatan Asian Games. Nantinya, "Yap!" dapat digunakan untuk membeli tiket, souvenir, maupun makanan dan minuman di Asian Games 2018.

Dengan begitu, ketika ingin bertransaksi, pengguna yang sudah mengunduh aplikasi "Yap!", tidak perlu membawa uang tunai, kartu debet maupun kartu kredit. Pengguna cukup memindai kode respon cepat di "Yap!" kepada kode yang dimiliki oleh pedagang atau "merchant

Dari perhelatan Asian Games 2018 ini, Tambok meyakini akan menambah jumlah pengguna transaksi "Yap!" minimal 100 ribu pengguna. Saat ini, pengguna "Yap!" sekitar 250.000 orang. Di akhir 2018, BNI menargetkan dapat menambah pengguna "Yap!" hingga satu juta pengguna.

Pewarta: Indra Pribadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018