Hockenheim, Jerman (ANTARA News) - Grand Prix Formula Satu kemungkinan besar mulai diselenggarakan di Miami pada tahun 2020, demikian sumber yang dekat dengan persoalan tersebut menyatakan kepada Reuters pada Minggu.

Kota Florida pada pekan lalu menunda keputusannya untuk penyelenggaraan balapan tersebut hingga September karena adanya oposisi lokal.

Sebuah diskusi tentang kontrak balapan semula dijadwalkan pada Kamis depan.

"Skenario yang mungkin terjadi sekarang adalah perlombaan akan berlangsung pada 2020," kata satu sumber.

Pihak lain menegaskan bahwa 2019 tidak lagi dianggap sebagai opsi dan konfirmasi resmi diharapkan segera dilakukan.

Pemegang hak komersial Formula One, Liberty Media, menginginkan perluasan balapan di Amerika Serikat, setelah satu-satunya arena yang ada saat ini hanyalah di Sirkuit Austin di Texas.

Sirkuit Grand Prix AS adalah satu-satunya jalur F1 permanen yang dibangun di negara itu dan Miami bakal menjadi sirkuit di tepi pelabuhan dan pusat kota. Surat kabar Miami Herald melaporkan pekan lalu bahwa banyak penduduk di pusat kota dan Pelabuhan Miami menyatakan keprihatinan tentang proposal dan potensi penutupan jalan, kebisingan dan masalah lalu lintas.

Formula Satu telah lama mencari arena balapan kedua di Amerika Serikat, tetapi upaya sebelumnya selalu berakhir dengan kegagalan.

Liberty ingin memastikan Miami, yang telah ditawari kontrak 10 tahun, mendapat viabilitas jangka panjang dengan dukungan lokal maksimum.

Hal itu berarti pula tidak perlu terburu-buru menyetujui proposal hanya demi meletakkan bendera di peta.

"Ini perlu dilakukan dengan benar, kesalahan masa lalu tidak bisa diulang," kata seorang sumber di Grand Prix Jerman.

Balapan New Jersey 2013 yang diusulkan diluncurkan pada tahun 2011, tetapi kemudian ditunda kembali menjadi 2014 karena penyelenggara membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan.

Keinginan itu dimasukkan dalam kalender sementara 2014 tetapi rencana tersebut akhirnya ditinggalkan karena alasan keuangan.

Sebuah rancangan kalender 2019 belum dipublikasikan pihak Formula Satu. Tetapi Miami, yang ditulis untuk diselenggarakan Oktober, akan menjadi undian baru yang besar.

Sumber lain mengatakan absennya Miami bisa menyebabkan adanya upaya baru untuk mencapai kesepakatan di Grand Prix Jerman, yang berakhir kontrak di Hockenheim setelah balapan pada Minggu.

Festival penggemar sudah dijadwalkan untuk Miami tahun ini, pada minggu yang sama dengan balapan 21 Oktober di Austin, dan itu masih akan berlanjut.

Kota Florida selatan belum pernah menjadi penyelenggara grand prix Formula Satu, meskipun telah menjadi tuan rumah putaran Formula E untuk mobil listrik.

(D011)

Pewarta: antara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018