Jakarta (ANTARA News) - Jeruk, salah satu buah jeruk yang populer di seluruh dunia, dapat menjadi makanan yang menyegarkan di musim panas.

Selain membantu kita menenangkan diri, buah kaya gizi ini dapat membantu meningkatkan fungsi di berbagai bagian tubuh.

Berikut adalah lima manfaat yang akan Anda dapatkan bila mengonsumsi jeruk seperti dilansir Medical Daily:

1. Mencegah penyakit mata

Penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jeruk secara teratur, 60 persen lebih kecil kemungkinannya mengembangkan degenerasi makula--bentuk kehilangan penglihatan, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

"Bahkan konsumsi jeruk seminggu sekali tampaknya menawarkan manfaat yang signifikan. Data menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan pada jeruk bisa membantu melindungi terhadap penyakit," ujar ahli epidemiologi Bamini Gopinath dari University of Sydney di Australia.


2. Manfaat bagi kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa jeruk memiliki efek perlindungan pada jantung. Vitamin C dan potasium, khususnya, berhubungan dengan fungsi jantung yang sehat.

Sebuah studi 2012  juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi (terutama dari sumber seperti jeruk) berisiko 19 persen lebih rendah menderita stroke dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang paling sedikit.

3. Memperbaiki gejala iritasi usus

Kadar serat larut dan tidak larut yang tinggi terkandung dalam jeruk. Serat tidak larut dapat membantu menarik air ke dalam usus besar sementara serat larut dapat menarik air dan membantu menghilangkan kelebihan cairan, kata Dr. Patricia Raymond, asisten profesor di Eastern Virginia Medical School di Norfolk.

Untuk membantu mengurangi sembelit dan diare, Raymond menyarankan pasiennya dengan sindrom iritasi usus (IBS) untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat ini.

4. Memperbaiki kesehatan tubuh

Klinik Cleveland memasukkan jeruk dalam daftar "makanan berenergi" yang dapat membantu tubuh menyembuhkan luka dan mungkin mencegah infeksi.

Satu studi juga menemukan adanya peningkatan fungsi otot dan pengurangan rasa sakit setelah berolahraga pada mereka yang mengonsumsi 400 mg vitamin C setiap hari.Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 70 miligram vitamin C. Sementara ukuran jeruk yang lebih besar mengandung hingga 100 miligram.


5. Fungsi otak yang lebih baik

Satu studi dari 2015 menyarankan bahwa konsumsi jus jeruk dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Namun, ahli nutrisi tidak menyarankan mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus secara teratur karena kadar gula yang tinggi dan tingkat serat yang rendah.

"Perubahan kecil dan mudah diberikan pada makanan sehari-hari, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran kaya flavonoid, memiliki potensi untuk secara substansial bermanfaat bagi kesehatan otak," kata Dr. Daniel Lamport dari University of Reading, Inggris.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018