Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno ke Singapura, Senin, untuk menghadiri World Cities Summit 2018  yang diadakan di Marina Bays Sand.

Sandiaga juga  mengadakan pertemuan bilateral dengan Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb.  Aboutaleb merupakan salah satu walikota muslim pertama di Belanda tepatnya Rotterdam.

Adapun pertemuan Wagub dengan Aboutaleb itu membahas peningkatan kerjasama sister city Jakarta -Rotterdam di bidang manajemen sumber daya air.

Diketahui, kerjasama Jakarta-Rotterdam telah lama dilakukan dengan pertukaran informasi dan pengetahuan yang melibatkan penataan kota, pengelolaan sampah, pembangunan infrastruktur, dan berbagai persoalan lainnya.

"Kehadiran kami di World Cities Summit akan mencari bentuk bentuk kolaborasi antar banyak kota dalam mengembangkan konsep Smart City yang dapat melahirkan entrepreneur muda dan menyediakan lapangan kerja di bidang penataan sumber daya air dan juga peningkatan ekonomi di DKI Jakarta," kata Sandiaga dalam siaran persnya.

Setelah itu Wagub ini juga bertemu singkat dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Tharman Shanmugaratnam. Dalam  diskusi itu Sandi membas penciptaan lapangan kerja baru yang berkualitas dengan konsep smart and Liveable city. 

Sandiaga menyatakan undangan ke World Cities Summit 2018 sepenuhnya dimanfaatkan untuk membuat Masyrakat DKI menjadi lebih baik dan berkualitas. 
       

“Pertama yang ingin kita lakukan yaitu penyediaan  lapangan kerja di DKI, jobs creation," ucapnya. Kedua, lanjut Sandi, adalah biaya hidup yang terjangkau bagi masyarakat. Lalu ketiga, keadilan sosial dan ekonomi bagi masyarakat. Dan yang terakhir adalah pendidikan. “Empat pilar Ini yang kita fokuskan,” katanya.

Sandiaga akan mengkuti World Cities Summit selama dua hari (9-10 Juli 2018). World Cities Summit adalah pertemuan dua tahunan sebagai ajang bagi para pemangku kepentingan kota, pakar dan industri untuk mengatasi tantangan perkotaan, berbagi solusi, dan menjalin kemitraan untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga: Sandiaga kunker ke Boston dan New York
Baca juga: PNS pria DKI Jakarta bisa cuti saat istri melahirkan


 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018