Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 30 kreator asal Jakarta dan sekitarnya berkesempatan menjual dan mempresentasikan ide uniknya kepada masyarakat lewat festival Makerfest 2018 City Big Bank yang digelar di Taman Bintaro XChange, Tangerang.

“Marketfest hadir sebagai panggung offline bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka,” kata Vice Chairman Makerfest 2018 Melissa Siska Juminto di Jakarta, Sabtu.

Kreasi yang dihadirkan pada ajang tersebut beragam, mulai dari produk mode, aksesori, peralatan rumah tangga, bahkan moda transportasi seperti sepeda yang dihadirkan dengan konsep dan material unik.

Suasana pameran Makerfest 2018 di Taman Bintaro Xchange, Tangerang. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)
Selain bazaar, lokakarya dan kompetisi, ajang Makerfest bersama komunitas seler Tokopedia atau TopCommunity, memberikan pelatihan serta bantuan alat produksi untuk pembuatan kerajinan tangan.

“Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem bisnis yang lebih kondusif, sehingga lebih banyak lagi usaha kecil yang tumbuh menjadi industri, lalu menjadi brand-brand masa depan Indonesia,” ujar Melissa.

Makerfest sejauh ini telah hadir di Medan, Padang, serta Jakarta, dan akan datang di lima kota termasuk Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makasar.

Di setiap kota, Makerfest memberikan edukasi dan pendampingan usaha sehingga kreator lokal lebih siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan bisnis, branding, pemasaran dan permodalan.

Suasana pameran Makerfest 2018 di Taman Bintaro Xchange, Tangerang. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)

Di puncak acara Makerfest pada Desember, tiga kreator terbaik dari Jakarta dan sekitarnya akan berkompetisi dengan 21 kreator lokal terpilih dari kota lain yang akan memperebutkan hadiah utama berupa modal usaha sebesar Rp1 miliar.

“Kami juga memberikan pendampingan usaha dalam bentuk konsultasi branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional, serta akses dan pameran ke jalur distribusi internasional,” papar Melisa.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018