Palembang (ANTARA News) - Sekitar 3.000 warga Palembang turut meramaikan kegiatan "fun run" untuk menyemarakkan Asian Games 2018 di Kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Minggu pagi.

Fun run ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018.

Ribuan peserta ini diajak mengitari kompleks JSC sejauh 6,3 kilometer dengan melewati sejumlah venue pertandingan Asian Games.

Fun Run ini dibuka oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia Muddai Madang, dan perwakilan Dewan Olimpiade Asia (OCA), serta panitia penyelenggara Asian Games (Inasgoc).

"Fun Run ini bertujuan untuk menyosialisasikan sekaligus meningkatkan atmosfer Asian Games 2018 di masyarakat," kata Wakil Ketua KOI Muddai Madang.

Ia menambahkan sosialisasi Asian Games menjadi salah satu perhatian Dewan Olimpiade Asia (OCA) sehingga digelar di 29 kota di Asia.

Indonesia selaku tuan rumah Asian Games telah menggencarkan sosialisasi ajang ini sejak ditunjuk sebagai tuan rumah pada akhir tahun 2014.

"Sejauh ini sebagian besar masyarakat Sumsel sudah mengetahui bahwa daerahnya bakal menjadi tuan rumah Asian Games, namun tetap kami sosialisasikan karena banyak juga yang tidak tahu apa itu Asian Games. Padahal, Asian Games merupakan ajang olahraga terbesar di Asia atau satu strip di bawah olimpiade," kata Muddai.

Palembang sebagai tuan rumah Asian Games saat ini masih berupaya menuntaskan pembangunan sejumlah infrastruktur penunjang, salah satunya Light Rail Transit (LRT) yang ditargetkan selesai pada akhir Juli 2018.

Selain itu, perbaikan jalan di dalam kota juga sedang dilakukan, termasuk mempercantik ikon Kota Palembang yakni Jembatan Ampera.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengharapkan masyarakat turut berperan aktif dalam menyukseskan Asian Games.

"Kita harus siap, sehingga bisa menjadi tuan rumah yang baik. Ini adalah momen berharga karena Asian Games ini sekali seumur hidup, belum tentu seratus tahun kemudian digelar lagi di Indonesia, khususnya Kota Palembang," kata dia.

Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 setelah terakhir digelar di Jakarta pada 1962.

Baca juga: Masyarakat antusias saksikan Festival Obor Asian Games

Baca juga: 2.000 pelari semarakkan fun run sambut Asian Games

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018