Jakarta (ANTARA News) - Kontes popularitas tahunan yang sudah berlangsung 10 kali untuk keluarga grup idola AKB48 berlangsung di Jepang, Sabtu waktu setempat, yang perdana diikuti oleh anggota dari Thailand dan Taiwan.

Dilansir Kyodo News, Rino Sashihara, yang sudah meraih gelar juara sebanyak empat kali, memilih untuk tidak mengikutinya, dan Jurina Matsui dari SKE48 yang berbasis di Nagoya duduk di urutan teratas dalam pemilihan umum di mana penggemar bisa memilih 100 anggota terpopuler. Dua anggota dari Bangkok, BNK48, juga masuk ke dalam daftar, yakni Cherprang Areekul pada posisi ke-39 dan Praewa Suthamphong pada posisi ke-72.

Sebanyak 339 anggota ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum ke-10 AKB48. Sedangkan 16 anggota teratas akan masuk dapur rekaman untuk single terbaru AKB48.

AKB48 yang namanya diambil dari distrik elektronik dan anime Akihabara di Tokyo, dikenal bisa menjual jutaan single berturut-turut. Popularitas grup itu juga makin menggema di dunia berkat sister group di negara-negara lain di Asia.

BNK48 sudah sukses membawakan lagu-lagu AKB48, termasuk "Koisuru Fortune Cookie", salah satu lagu terkenal yang dirilis AKB48 pada 2013.

Sebagian pakar dunia hiburan memprediksi pemilihan umum AKB48 takkan menarik antusiasme seperti dulu karena banyak anggota-anggota terkenal yang sudah meninggalkan grup, yang hingga kini terus berkembang dan berganti anggota sejak debut pada 2005.

Namun "pemilu" itu masih populer di antara para penggemar berat dan dianggap sebagai kesempatan mengeruk uang bagi tempat yang menjadi tuan rumah dari acara tersebut.

Pemilu AKB48 terbaru digelar di Nagoya Dome, stadion baseball yang bisa menampung 50.000 orang, dengan dampak ekonomi di daerah sekitarnya dan kawasan prefektur Aichi hingga 2,7 miliar yen, berdasarkan estimasi akademisi.

Ini adalah kali keempat pemilu digelar di luar area metropolitan Tokyo. Sebelumnya pemilu diselenggarakan di prefektur Fukuoka, Niigata dan Okinawa.

AKB48 punya lima sister group di sepanjang Jepang, selain unit di luar negeri. Ada JKT48 yang berbasis di Jakarta, BNK48 dari Bangkok, TPE48 dari Taipei dan MNL48 dari Manila. Agensi manajemen AKB48 pada Desember lalu mengatakan mereka akan meluncurkan grup baru di Mumbai, India.

Pemilihan umum terbaru ini awalnya akan diikuti oleh anggota JKT48, tapi grup di Jakarta ini memutuskan untuk tidak berpartisipasi karena bertepatan dengan akhir bulan puasa, kata AKB48 dalam situs resmi.
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018