Kendari (ANTARA News) - Harga ikan segar di sejumlah pasar tradisional dan pelelangan di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara melambung karena pasokan ikan terbatas.

"Biasanya memang kalau musim penghujan dan menjelang puasa Ramadhan stok ikan atau pasokan ikan dari pengusaha penangkap ikan terbatas sehingga harga ikan di pelelangan, pasar dan pengecer mengalami kemahalan," kata pedagang pengumpul Hj Mirna (48) di Kendari, Sabtu.

Informasi yang dihimpun menyebutkan nelayan sepekan terakhir urung melaut karena curah hujan tinggi, gelombang dan angin kencang? sehingga waspada terhadap cuaca yang tidak bersahabat tersebut.

"Saat cuaca tidak mendukung kami manfaatkan waktu untuk membenahi perahu/kapal maupun sarana alat tankap. Sebagian anak buah kapal pulang kampung menyambut puasa Ramadhan," kata pemilik kapal Sinar Alam Masdar (39).

Ikan Cakalang ukuran sedang yang biasanya dijual seharga Rp45 ribu per ekor dijual Rp65 ribu per ekor, ikan ruma ruma yang biasanya dijual Rp35 ribu per kilogram dijual Rp50 ribu per kilogram, ikan rambe yang biasanya dijual Rp25 ribu per kilogram dijual Rp35 ribu per kilogram, ikan lajang yang biasanya dijual Rp20 ribu - Rp25 ribu per kilogram sekarang dijual Rp35 ribu per kilogram.

Udang kecil yang biasanya dijual Rp30 ribu per kilogram sekarang dijual R50 ribu per kilogram, ikan Tuna biasanya dijual Rp30 ribu per kilogram saat ini dijual Rp60 ribu per kilogram, ikan bandeng biasanya dijual Rp20 ribu per kilogram sekarang dijual seharga Rp40 ribu per kilogram.

Ny. Firman (44) mengatakan harga ikan segar beberapa hari terakhir mengalami lonjakan namun harus belanja karena kebiasaan makan harus dengan menu ikan.

"Saya sengaja ke lelang ikan dengan harapan harga ikan lebih murah daripada di pasar namun ternyata mahal juga atau tidak sama seperti hari-hari biasa," ujarnya.

Pewarta: Sarjono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018