Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, telah mengusulkan kepada pemerintah Pusat agar landas pacu sejumlah bandara di provinsi ini dapat diperpanjang karena kebutuhan akan angkutan udara semakin meningkat.

"Landas pacu Bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya yang sekarang ini panjangnya 2.500 meter harapannya dapat menjadi 3.000 meter dan dapat ditetapkan menjadi bandara internasional," kata dia, di Palangka Raya, Jumat.

"Diusulkan juga perlu ada rute baru, yakni Palangka Raya-Kuala Namu, Palangka Raya-Denpasar, dan Palangka Raya-Yogyakarta. Kami juga mengusulkan agar Bandara Tjilik Riwut bisa menjadi embarkasi haji penuh," katanya.

Bandara H Iskandar di Pangkalan Bun juga demikian, dari 2.120 meter menjadi 2.800 meter. Perpanjangan landasan pacu Bandara H Asan di Sampit, dari 2.060 meter menjadi 2.800 meter.

"Pengembangan dan perpanjangan landasan pacu ini diusulkan, karena Kalteng bertekat ingin mengembangkan perekonomian dan sektor pariwisata. Kami berharap semua usulan ini bisa disetujui dan direalisasikan Pemerintah Pusat," kata Sabran.

Pewarta: Jaya Manurung
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018