Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Bogor Kabupaten AKBP Andi Moch Dicky mengatakan pada Kamis jalur Puncak baru bisa dilalui kendaraan roda dua, karenanya polisi mengarahkan kendaraan roda empat dan lainnya ke jalur alternatif.

"Kendaraan hanya roda dua saja yang bisa lewat, untuk kendaraan roda empat atau lebih gunakan jalur alternatif, dari Jakarta bisa lewat Cibubur, Jonggol, Cariu, lanjut Sukamakmur, atau lewat Sukabumi langsung Cianjur, atau lewat Bandung, Padalarang, yang menuju Cianjur," kata Dicky di Bogor.

Pembatasan kendaraan di jalur Puncak dilakukan setelah longsor susulan terjadi di kawasan Puncak, perbatasan antara Puncak Bogor dan Cianjur, tepatnya di Puncak Pass Resort.

Longsor susulan pada Rabu sekitar pukul 21.00 WIB menambah kerentanan jalan di tempat yang tanahnya longsor awal Februari lalu. Tanah longsor membuat jalan amblas, dan sampai sekarang perlintasan kendaraan masih menimbulkan pergerakan tanah.

"Ada pergerakan tanah susulan, tepatnya di Puncak Pass Resort," kata Dicky.

Ia mengatakan bahwa kepolisian sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak tanah longsor, termasuk melibatkan ahli untuk menelitinya, mengingat lalu lintas kendaraan di jalur itu kemungkinan akan meningkat menjelang libur panjang akhir pekan ini mulai libur Hari Raya Paskah pada Jumat (30/3).

"Polisi ambil diskresi bekerja sama dengan Polres Cianjur melakukan penutupan jalan, sambil berkonsultasi dengan Dirjen Perhubungan Darat terkait bagaimana tindak lanjutnya terkait jalan ini (Puncak-red)," katanya.

Ia menjelaskan kepolisian akan melakukan penyekatan di pintu masuk menuju perkebunan Gunung Mas, Puncak, karena ada pulau jalau yang bisa digunakan untuk memutar kendaraan yang sudah terlanjur ke Puncak.

"Karena kalau sampai di atas (Puncak pass) sulit untuk mutar," katanya.

Penyekatan juga dilakukan di wilayah hukum Polres Cianjur mulai dari persimpangan Hypermart. Kepala Kepolisian Resor Cianjur AKBP Soliyah mengatakan polisi telah memasang spanduk berisi informasi arus lalu lintas Puncak, pengalihan arus lalu lintas dari Cianjur ke Bogor, serta imbauan kepada pengguna jalan di sejumlah titik.

"Kendaraan yang mengarah ke Bogor bisa melalui Jonggol atau Sukabumi," katanya.

Dicky menegaskan selama penanganan tanah longsor, kendaraan yang boleh melintas menuju Puncak Pass-Cianjur hanya yang roda dua dan angkutan proyek. "Untuk angkot dari Bogor hanya sampai Pasar Cisarua saja, silakan menggunakan roda dua saja. Kalau semua kendaraan masuk, nanti kendaraan perbaikan terganggu," kata Dicky.

Baca juga: Jalur Puncak-Bogor kembali ditutup karena longsor

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018