Melbourne (ANTARA News) - Juara dunia empat kali Lewis Hamilton meminta adanya lebih banyak keragaman dalam Formula Satu setelah dia merasakan betapa sedikitnya perubahan terjadi sejak dia berkecimpung di olahraga itu pada tahun 2007.

Pebalap Inggris itu, yang difavoritkan untuk kembali memenangkan balapan pembuka musim di Australia pada Minggu, memposting video di instagramnya yang menayangkan sekitar markas tim Mercedes-nya di Melbourne, Kamis.

"Hampir tidak ada keberagaman di F1, masih tidak ada yang berubah dalam 11 tahun saya di sini," kata pria berusia 33 tahun itu kepada enam juta pengikutnya.

"Anak-anak, orang-orang, ada begitu banyak pekerjaan dalam olahraga ini di mana siapa pun tidak peduli etnis atau latar belakang Anda dapat mengisinya dan cocok."

Hamilton, yang kakek-nenek dari pihak ayah beremigrasi ke Inggris dari pulau Karibia Grenada, dibesarkan di rumah sosial dengan ayahnya melakukan banyak pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan dan membayar untuk tahun-tahun awal di karting.

Juara dunia kulit hitam pertama olahraga ini sekarang menjadi salah satu atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.

Formula 1 yang didominasi pebalap Eropa tidak memiliki pebalap asal Asia atau Afrika saat ini dan hanya satu dari Amerika Latin, Meksiko, Sergio Perez yang membalap untuk tim Force India yang berbasis di Inggris.

Selain itu juga belum ada pebalap wanita yang memulai balapan sejak tahun 1976, demikian Reuters.

(Uu.D011)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018