Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah sudah mulai menyiapkan angkutan umum untuk angkutan mudik Lebaran tahun ini, diantaranya dengan penambahan armada mudik gratis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Minggu depan kami sudah undang seluruh `stakeholder` angkutan umum untuk membahas persiapan angkutan lebaran," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat dikonfirmasi di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Kamis.

Dia mengatakan persiapan yang akan dibahas meliputi angkutan darat, laut, dan udara.

"Sepertinya yang butuh persiapan lebih kompleks di setiap musim mudik lebaran adalah angkutan darat," katanya.

Pemerintah, lanjut dia, sebisa mungkin akan mencegah masyarakat yang akan mudik atau pulang kampung menggunakan kendaraan sendiri.

"Kendaraan sendiri itu bisa mobil atau sepeda motor. Khususnya kami sekuat tenaga akan mencegah masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor karena sangat membahayakan," ujarnya, menjelaskan.

Untuk itu Menhub menekankan akan ada penambahan program mudik gratis bagi masyarakat pada musim liburan lebaran tahun ini.

"Khususnya akan kami tambah program mudik gratis untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor," ucapnya.

Menhub memastikan pemerintah akan menyediakan moda transportasi bus, kereta api dan kapal laut ke berbagai tujuan untuk program mudik gratis ini.

Satu hal yang pasti, dia menambahkan, saat ini pemerintah telah menyediakan 10 armada kapal laut ke berbagai tujuan untuk program mudik gratis pada musim libur lebaran tahun ini.

Sedangkan jumlah armada untuk moda transportasi lainnya pada program mudik gratis tahun ini masih akan dibahas dengan para stake holder pada pertemuan yang telah dijadwalkan berlangsung di kantor kementerian perhubungan pekan depan.

"Selain itu kami juga akan memanage waktu liburan. Kami sudah berkirim surat untuk mengupayakan agar anak-anak sekolah libur lebih awal, minimal seminggu menjelang lebaran. Dengan begitu 50 persen masyarakat sudah pulang kampung duluan," katanya.

Dia menjelaskan, lebaran tahun ini jatuh pada hari Jumat dan Sabtu, 14-15 Juni. Sedangkan perkantoran libur mulai hari Rabu, 12 Juni.

"Maka biarlah tiga hari menjelang hari H lebaran itu dipergunakan mudik oleh para pekerja, sedangkan anak-anak sudah pulang kampung duluan seminggu sebelumnya. Dengan begitu arus lalu lintas di jalanan tidak begitu padat," ucapnya.

Baca juga: Kemenhub: mudik gratis 2018 diperluas luar Jawa

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018