Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini M Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT) selama dua hari (6-7 Maret) guna meresmikan pembangunan infrastuktur dasar kelistrikan, sarana air bersih dan sarana pendidikan bagi masyarakat di wilayah itu.

Siaran pers Kementerian BUMN, di Jakarta, Selasa menyebutkan, Rini mengunjungi Desa Bipolo, desa kecil di Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, yang akhirnya masyarakatnya dapat menikmati listrik.

"Dengan masuknya listrik di Desa Bipolo ini, diharapkan akan mendorong kemajuan desa tersebut di segala bidang, terutama bidang pendidikan," ujar Rini.

Selain mengunjungi Kupang, NTT, Menteri Rini dijadwalkan melihat dari dekat hasil kerja sinergi BUMN di Kabupaten Larantuka dan Kabupaten Adonara.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Menteri Rini dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya didampingi oleh Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Aloysius Kiik Ro dan sejumlah direksi BUMN.

Kehadiran Menteri Rini yang bersamaan dengan masuknya listrik ke Desa Bipolo ini disambut hangat oleh warga setempat.

Pada tahap awal, 36 KK Desa Bipolo dapat menikmati listrik. Hingga Desember 2017, 149 dari 177 desa di Kabupaten Kupang atau 84 persen telah teraliri listrik.

"Peningkatan elektrifikasi di wilayah NTT menjadi salah satu prioritas karena yang saat ini masih tergolong rendah dibandingkan dengan provinsi lainnya," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Rini juga meninjau Rumah Kreatif BUMN di Kota Kupang sebagai wujud dukungan BUMN bagi UKM-UKM lokal untuk berkembang serta turut meningkatkan perekonomian daerah.

"Ini bentuk nyata program BUMN Hadir untuk Masyarakat NTT juga terwujud dalam program bedah rumah veteran, perbaikan sekolah, renovasi tempat ibadah, pemberian beasiswa, serta program RKB di Larantuka dan Adonara yang bisa berjalan dengan baik," katanya.

Di SD Negeri Bipolo, Rini menyaksikan penyerahan bantuan tangki air bersih dari PT Garam (Persero), serta melakukan pengeboran titik air bersih sebagai persediaan di musim kemarau.

Dua BUMN, yaitu PT Garam dan PT Pertamina (Persero) juga bersinergi merenovasi SD Inpres Bipolo, SDN Taupkole, SMPN 5 Sulamu dan Taman Kanak-kanak (TKK) Maranata.

Sedangkan dengan PT Balai Pustaka (Persero) PT Garam berkolaborasi mendirikan Taman Baca di SD Inpres Bipolo. "BUMN hadir memberikan dukungan bagi perbaikan infrastruktur pendidikan melalui perbaikan sarana dan prasarana sekolah dalam rangka mendorong perbaikan mutu pendidikan di tanah air khususnya di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan) termasuk di NTT," ujarnya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018